Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ella: "Mengapa Ella tidak punya ayah, Tante? Ayah Ella nggak meninggal kan, Tante?"

Tante Sara: "Setahu tante tidak."

Ella: "Lalu kenapa Eyang dan Tante tidak mencari Ayah?" (Ella menatap penuh harap)

Tante Sara: "Tante dan Eyang betul-betul tidak tahu di mana Ayah Ella sekarang. Betul-betul tidak tahu."

Ella: "Waktu Ella lahir ayah sudah hilang?"

Tante Sara: "Sudah."

Ella: "Waktu Ella diperut Ibu?"

(Benang Kasih, Susi Hutapea)space 

Konflik dalam naskah drama tersebut adalah ....

Konflik dalam naskah drama tersebut adalah ....space 

  1. Tante Sara tidak tahu keberadaan ayah Ella.space 

  2. Eyang tidak mau mencari ayah Ella.space 

  3. Ayah Ella menghilang saat Ella belum lahir.space 

  4. Ayah Ella meninggalkan Tante Sara.space 

  5. Ella ingin mengetahui keberadaan ayahnya.space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space 

Iklan

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak pelaku melalui tingkah laku atau dialog yang dipentaskan. Struktur drama: Prolog, adalah kalimat atau kata-kata pembuka, pengantar, maupun latar belakang cerita, yang biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu yang telah di set dalam teks drama. Orientasi, merupakan pengenalan dan pengaturan aksi dan tempat yang meliputi: pengenalan tokoh, menyatakan situasi dan cerita, hingga permulaan dalam mengajukan konflik yang akan terjadi dalam kisah yang dibawakan dalam drama. Komplikasi, atau disebut juga sebagai bagian tengah cerita yang mulai mengembangkan konflik. Pada bagian ini tokoh utama akan menemukan berbagai rintangan antara ia dan tujuan atau keinginannya. Tokoh juga kerap mengalami berbagai kesalahpahaman dalam perjuangannya untuk menghadapi berbagai rintangan tersebut. Resolusi (denouement), yakni penyelesaian dari komplikasi atau berbagai rintangan yang menghalangi tokoh utama. Bagian ini harus muncul secara logis dan sesuai dengan berbagai komplikasi atau klimaks (puncak konflik yang menyekat komplikasi dan resolusi) yang sebelumnya telah dihadirkan. Epilog, merupakan bagian penutup dari drama berupa kata-kata penutup yang berisi simpulan atau amanat mengenai keseluruhan isi drama. Bagian ini pun biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu. Berdasarkan penjelasan di atas, konflik adalah permasalahan, pertikaian, dan pertentangan yang terjadi dalam drama . konflik terdapat pada bagian komplikasi. Konflik dalam drama tersebut adalah Ella ingin mengetahui keberadaan ayahnya. Hal ini sesuai dengan kutipan dialog berikut: Ella: "Mengapa Ella tidak punya ayah, Tante? Ayah Ella nggak meninggal kan, Tante?" Tante Sara: "Setahu tante tidak." Ella: "Lalu kenapa Eyang dan Tante tidak mencari Ayah?" (Ella menatap penuh harap) Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)drama adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak pelaku melalui tingkah laku atau dialog yang dipentaskan.

Struktur drama: 

  1. Prolog, adalah kalimat atau kata-kata pembuka, pengantar, maupun latar belakang cerita, yang biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu yang telah di set dalam teks drama.
  2. Orientasi, merupakan pengenalan dan pengaturan aksi dan tempat yang meliputi: pengenalan tokoh, menyatakan situasi dan cerita, hingga permulaan dalam mengajukan konflik yang akan terjadi dalam kisah yang dibawakan dalam drama.
  3. Komplikasi, atau disebut juga sebagai bagian tengah cerita yang mulai mengembangkan konflik. Pada bagian ini tokoh utama akan menemukan berbagai rintangan antara ia dan tujuan atau keinginannya. Tokoh juga kerap mengalami berbagai kesalahpahaman dalam perjuangannya untuk menghadapi berbagai rintangan tersebut.
  4. Resolusi (denouement), yakni penyelesaian dari komplikasi atau berbagai rintangan yang menghalangi tokoh utama. Bagian ini harus muncul secara logis dan sesuai dengan berbagai komplikasi atau klimaks (puncak konflik yang menyekat komplikasi dan resolusi) yang sebelumnya telah dihadirkan.
  5. Epilog, merupakan bagian penutup dari drama berupa kata-kata penutup yang berisi simpulan atau amanat mengenai keseluruhan isi drama. Bagian ini pun biasanya disampaikan oleh dalang atau tokoh tertentu.

Berdasarkan penjelasan di atas, konflik adalah permasalahan, pertikaian, dan pertentangan yang terjadi dalam drama. konflik terdapat pada bagian komplikasi. Konflik dalam drama tersebut adalah Ella ingin mengetahui keberadaan ayahnya. Hal ini sesuai dengan kutipan dialog berikut:

Ella: "Mengapa Ella tidak punya ayah, Tante? Ayah Ella nggak meninggal kan, Tante?"

Tante Sara: "Setahu tante tidak."

Ella: "Lalu kenapa Eyang dan Tante tidak mencari Ayah?" (Ella menatap penuh harap)

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Relevansi konflik dalam drama tersebut dengan situasi nyata adalah …

13

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia