Roboguru

Konflik antara golongan kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan pada masa politik Apartheid merupakan contoh dari konflik ....

Pertanyaan

Konflik antara golongan kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan pada masa politik Apartheid merupakan contoh dari konflik ....space space

  1. rasialspace space

  2. internasionalspace space

  3. antarkelas sosialspace space

  4. pribadispace space

  5. politikspace space

Pembahasan Soal:

Konflik rasial, yaitu konflik yang terjadi di antara kelompok ras yang berbeda karena adanya kepentingan dan kebudayaan yang saling berbenturan. Ras kulit putih dan ras kulit hitam di Afrika Selatan merupakan 2 ras dengan kebudayaan yang berbeda dan memiliki kepentingan yang berbeda juga, ras kulit putih merasa dirinya lebih tinggi daripada ras kulit hitam, maka terjadilah pertentangan diantara kedua ras ini.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Aspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut ini ! sumber : https://pixabay.com     Berdasarkan gambar tersebut menunjukkan jika adanya bentuk penyetaraan dan usaha jika tidak adanya perbedaan perilaku antara kuli...

Pembahasan Soal:

Pertentangan rasial adalah pertentangan yang terjadi diantara kelompok ras yang berbeda karena adanya kepentingan dan kebudayaan yang saling berbenturan. Nah teman-teman, pertentangan rasial ini akan terjadi ketika suatu ras merasa lebih unggul dan lebih mengutamakan kepentingan kelompoknya sendiri di atas kepentingan bersama.

Roboguru

Konflik ras yang terjadi di Amerika karena perbedaan warna kulit merupakan bagian dari pertentangan dikarenakan.....

Pembahasan Soal:

Perasaan sentimen pada dua kelompok ras yang berbeda yaitu warga kulit hitam dan warga kulit putih. Rasa sentimen itu muncul dari warga kulit putih yang merasa lebih unggul. Sehingga perlu waktu yang lama bagi warga kulit hitam untuk memperjuangkan status mereka sebagai warga negara yang bebas dari diskriminasi atau Segregasi.

 

 

Roboguru

Jelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial!

Pembahasan Soal:

Antagonisme sosial merupakan suatu bentuk tindakan untuk menyingkirkan pihak lain. Antagonisme sosial dapat juga disebut dengan pertentangan sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya antagonisme sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Pertentangan pribadi, tidak ada dua orang yang memiliki sifat, sikap, cita-cita, dan minat yang sama. Karena perbedaan-perbedaan ini mereka gagal mengakomodasi diri mereka sendiri yang dapat menimbulkan konflik di antara mereka.
  2. Pertentangan ras, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada ciri fisik diantara individu. Contoh konflik ras adalah ras kulit putih dan kulit berwarna yang masih banyak menjadi pemantik berbagai konflik masa kini.
  3. Pertentangan antarkelas, terjadi saat individu maupun kelompok berada pada tingkatan kelas masyarakat secara vertikal yang berbeda. Misalnya seperti antara buruh pabrik dengan pendiri pabrik yang menuntut kenaikan upah dan sebaliknya.
  4. Pertentangan politik, pertentangan yang disebabkan perbedaan kepentingan dalam memperoleh kekuasaan atau merumuskan kebijakan pemerintah.
  5. Pertentangan internasional, adalah pertentangan yang terjadi antara dua negara.undefined 
Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Pertentangan pribadi Pertentangan rasionalitas Pertentangan rasial Pertentangan nilai norma Pertentangan Internasional             Berdasarkan pernyataan t...

Pembahasan Soal:

Pertentangan adalah usaha pemenuhan tujuan individu atau kelompok yang dilakukan dengan cara menyingkirkan pihak lawan. Pertentangan ini memiliki beberapa bentuk khusus, yaitu:

•           Pertentangan Pribadi

•           Pertentangan Rasial

•           Pertentangan Antarkelas

•           Pertentangan Politik

•           Pertentangan Internasional

Roboguru

Dinamika sosial dalam kehidupan di masyarakat yang heterogen/majemuk adalah semakin menguatnya etnosentrisme dalam interaksi antarkelompok yang berbeda identitas. Dinamika hubungan sosial semacam ini ...

Pembahasan Soal:

Kehidupan masyarakat yang heterogen/majemuk sangat tinggi terjadinya potensi pertentangan apabila setiap kelompok etnis atau kelompok ras mengedepankan sikap etnosentrisme. Pengertian etnosentrisme itu sendiri adalah sikap yang menilai kebudayaan kelompok lain dengan ukuran/parameter kebudayaan sendiri dan cenderung merendahkan kebudayaan lain. Lalu, solusi yang tepat dari dinamika kehidupan sosial di masyarakat yang heterogen/majemuk adalah dengan menanamkan sikap kesepahaman, penghargaan  dan penerimaan  tentang perbedaan yang ada di antara anggota kelompok etnis dan ras yang berbeda. Sikap-sikap tersebut diharapkan mampu menjadi solusi dan meminimalisir kemunculan pertentangan/konflik di masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved