Roboguru

Komponen zat yang penting untuk membentuk substansi dasar protoplasma adalah ...

Pertanyaan

Komponen zat yang penting untuk membentuk substansi dasar protoplasma adalah ...space 

  1. Metana hidrogenspace 

  2. Amoniaspace 

  3. Asam aminospace 

  4. Karbonspace 

  5. Atomspace 

Pembahasan Soal:

Protoplasma adalah bagian hidup dari sebuah sel yang dikelilingi oleh membran plasma. Terdapat dua bagian yang menyusun protoplasma yaitu sitoplasma yang berada di dalam sel dan nukleoplasma yang ada di inti sel. Protoplasma terdiri dari campuran molekul kecil seperti ion, asam amino, monosakarida, dan air, dan makromolekul seperti asam nukleat, protein, lipid, dan polisakarida. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sitoplasma adalah ….

Pembahasan Soal:

Sitoplasma adalah semua bagian dalam sel kecuali membran plasma dan nukleus. Sitoplasma berupa koloid. Pada sitoplasma terdapat matriks berbahan dasar cair yang disebut dengan sitosol dan berbagai organ kecil yang disebut dengan organel. Sifat-sifat kimia sitoplasma antara lain mengandung senyawa organik berupa karbohidrat, protein, lemak dan asam nukleat. Selain itu sitoplasma juga mengandung senyawa anorganik seperti air, garam-garam mineral, dan gas.

Jadi, sitoplasma adalah semua bagian dalam sel kecuali membran plasma dan nukleus.undefined   

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Pernyataan yang tepat berdasarkan gambar di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Bagian struktural sel terdiri dari dua bagian utama, yaitu membran sel (X) dan sitoplasma (Y) yang mempunyai struktur dan fungsi masing-masing dalam sel. Secara umum, membran sel atau membran plasma terletak paling luar dari suatu sel sehingga membran sel berperan sebagai pelindung sel serta berperan dalam mengatur keluar masuknya molekul melalui mekanisme transpor membran. Sementara itu, sitoplasma merupakan salah satu bagian struktural sel yang terletak di bagian dalam serta terdiri dari sitosol, organel, dan inklusi sitoplasma. Sitosol sebagian besar tersusun dari air dan merupakan tempat berlangsungnya reaksi enzimatis di dalam sel.

 Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Disajikan sifat-sifat matriks sitoplasma berikut. 1) Gerak Brown 2) Konduktivitas 3) Iritabilitas 4) Efek Tyndall 5) Bersifat elektrolit Sifat-sifat biologis matriks sitoplasma ditunjukkan angka ...

Pembahasan Soal:

Terdapat dua sifat biologis matriks sitoplasma yakni iritabilitas dan konduktivitas. Iritabilitas artinya sensitif terhadap rangsangan. Sementara itu, konduktivitas berarti mampu meneruskan rangsangan atau impuls. 

Dengan demikian, jawaban benar adalah C.undefined 

1

Roboguru

Jelaskan pengaruh kerja sitoplasma terhadap kerja jaringan!

Pembahasan Soal:

Semua sel yang menyusun suatu jaringan memiliki sitoplasma. Sitoplasma dalam suatu sel berperan dalam memberi bentuk sel, jika tidak ada sel akan kempis dan rata; menjadi tempat mengamankan molekul seluler dan organel sel; melarutkan sisa metabolisme sel dan perantara memindahkan senyawa-senyawa dari luar sel ke dalam sel; dan tempat berlangsungnya reaksi kimia.

Dengan melihat peran sitoplasma yang sangat penting dalam suatu sel saja, tentu jika salah satu kinerja sel terganggu akan mengganggu kinerja jaringan secara keseluruhan. Contohnya terjadi akumulasi lemak berlebihan di sitoplasma maka berpengaruh ke metabolisme jaringan di hepar, bahkan dapat berakibat degenerasi hingga nekrosis. 

0

Roboguru

Perhatikan komponen-komponen berikut ini! Membran sel Dinding sel Sitosol Organel  Inklusi sitoplasma  Komponen penyusun sitoplasma ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Sitoplasma merupakan salah satu bagian struktural sel yang tersusun oleh sitosol, organel, dan inklusi sitoplasma. Sitosol adalah cairan sel yang berisi campuran kompleks dari air, garam, ion terlarut, dan molekul organik. Organel merupakan sekelompok struktur kecil yang tetap tersuspensi dalam sitoplasma dan melakukan berbagai fungsi. Sedangkan inklusi sitoplasma mencakup berbagai jenis partikel atau molekul yang tidak larut yang tetap tersuspensi dalam sitosol. Sehingga komponen penyusun sitoplasma ditunjukan oleh nomor 3, 4, dan 5.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved