Roboguru

Komandan pasukan Belanda yang bernama Raymond West...

Komandan pasukan Belanda yang bernama Raymond Westerling, berusaha mempengaruhi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat Bandung. Tujuan Westerling adalah mempertahankan Pasundan sebagai negara federal dan menghancurkan tentara APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat. Konflik yang maksud ialah...

Jawaban:

Sebagai negara yang baru memproklamasikan kemerdekaan, pemerintah Indonesia pada saat itu mulai berbenah dan berusaha menyiapkan sistem pemerintahan baru yang ideal, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan bangsa, juga sesuai dengan konstitusi dan UUD 1945.

Sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, tentunya banyak kepentingan dari berbagai kelompok yang tersebar di berbagai penjuru nusantara. Banyaknya kepentingan ini, memicu timbulnya konflik-konflik yang bisa mengancam keutuhan negara hingga terjadinya Disintegrasi bangsa atau sebuah kejadian ketika suatu bangsa mengalami perpecahan. Pemicunya banyak. Kalau di Indonesia, ada 3 faktor yang menjadi penyebabnya. Pertama itu karena adanya konflik ideologi seperti, kasus PKI madiun, DI/TII dan G30S PKI. Kedua itu karena konflik kepentingan atau ketentaraan seperti, konflik Andi Azis, APRA dan RMS. Ketiga itu karena adanya konflik kenegaraan atau sistem pemerintahan seperti, kasus PRRI/PERMESTA, Persoalan Negara Federal dan BFO.

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan di atas maka konflik APRA ini termasuk pada konflik ketatanegaraan atau sistem pemerintahan.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved