Roboguru

Contoh ancaman dari dalam negeri terhadap pertahanan dan keamanan adalah

Pertanyaan

Contoh ancaman dari dalam negeri terhadap pertahanan dan keamanan adalah

  1. aksi teror,konflik sara

  2. aksi teror,ilegal fishing

  3. aksi teror,pelanggaran batas wilayah

  4. konflik sara,ilegal fishing

  5. konflik sara,pelanggaran batas wilayah

Pembahasan Soal:

Ancaman adalah suatu upaya atau tindakan yang bersifat membahayakan bahkan mengancam perdamaian dan keamanan suatu negara . Ancaman sendiri bisa berasal dari dalam negeri maupun luar negeri . Untuk salah satu contoh ancaman yang berasal dari dalam negeri adalah upaya pemisahan diri yang dilakukan oleh masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam [ Sekarang Aceh ], yang dipimpin oleh Panglima besar GAM pada saat itu . Akan tetapi upaya pemisahan diri inipun dapat terselesaikan secara damai. Contohnya seperti , 1] . Pemberontakan Bersenjata , 2] . Upaya pemisahan diri dan membentuk suatu negara baru , 3] . Rasisme , 4] . Aksi kekerasan yang bersifat membeda - bedakan [ SARA ].

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 08 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Komandan pasukan Belanda yang bernama Raymond Westerling, berusaha mempengaruhi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat Bandung. Tujuan Westerling adalah mempertahankan Pasundan sebagai negara federa...

Pembahasan Soal:

Sebagai negara yang baru memproklamasikan kemerdekaan, pemerintah Indonesia pada saat itu mulai berbenah dan berusaha menyiapkan sistem pemerintahan baru yang ideal. Bersamaan dengan itu juga muncul konflik-konflik kepentingan di berbagai daerah yang bisa mengancam keutuhan negara. Salah satunya adalah konflik Angkatan Perang Ratu Adil yang dipimpin oleh Raymond Westerling. Raymond Westerling merupakan mantan komandan pasukan khusus KNIL yang berusaha menuntut agar kesatuan-kesatuan yang ia pimpin ditetapkan sebagai kesatuan militer di Negara Pasundan. Selain menuntut pemerintah agar mengakui kesatuannya sebagai Tentara Negara Pasundan, Raymond Westerling juga menolak dibubarkannya Negara Pasundan. Namun, tuntutan ini tidak dihiraukan oleh pemerintah pusat, hingga akhirnya Raymond Westerling melakukan serangan bersenjata di Kota Bandung pada 23 Januari 1950. 

Dengan demikian, konflik yang terjadi di kota Bandung dan melibatkan Raymond Westerling dengan tujuan untuk mempertahankan Negara Pasundan adalah Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA).

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Sosok yang ada pada gambar di atas memiliki  peran penting dalam mengatasi pemberontakan ….

Pembahasan Soal:

Tokoh pada gambar di atas adalah Kolonel Gatot Subroto. Ia memiliki peran dalam upaya penumpasan PKI di Madiun. Saat itu, Jenderal Sudirman menyampaikan perintah hariannya melalui siaran RRI, yang isinya antara lain menunjuk Gatot Subroto menjadi Gubernur Militer II untuk daerah Madiun, Surakarta, Semarang, Pati. Perintah tersebut ditujukan dalam rangka operasi militer menumpas pemberontakan PKI di Madiun. Pada akhir bulan November 1948, seluruh pimpinan dan pasukan pendukung Muso dapat ditangkap, dan sebagian lainnya tewas. Madiun akhirnya berhasil dikuasai kembali oleh Republik Indonesia pada 30 November 1948. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.undefined  

0

Roboguru

Salah satu tujuan dari pemberontakan PKI di Madiun adalah ….

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun terjadi pada tanggal 18 September 1948. Pemberontakan ini dipimpin oleh Muso dan Amir Syarifuddin. Tujuan dari pemberontakan PKI Madiun adalah ingin mengganti dasar negara Pancasila dengan komunis serta ingin mendirikan Soviet Republik Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.undefined  

1

Roboguru

Kasus disintegrasi yang disebabkan faktor ideologi di Indonesia pada masa 1948-1965 adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah nasional Indonesia, kasus disintegrasi yang terjadi akibat faktor ideologi pada masa 1948-1965 adalah Pemberontakan G30S/PKI. Hal ini terjadi lantaran kelompok komunis yang ingin merubah ideologi Pancasila dengan ideologi mereka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space 

0

Roboguru

Faktor yang menyebabkan disintegrasi bangsa awal kemerdekaan adalah, kecuali...

Pembahasan Soal:

Penyebab terjadinya pemberontakan-pemberontakan ini sangat kompleks, dengan tiap pemberontakan berbeda-beda. Banyak pemberontakan ini disebabkan oleh ketidak setujuan dengan kebijakan pemerintah. Pada masa perjuangan melawan Belanda, banyak tentangan terhadap kebijakan untuk negosiasi dengan Belanda. Penandatanganan Perjanjian Renville misalnya, memicu pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan pemberontakan PKI di Madiun. Setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda pada tahun 1949, kebijakan pemerintah dalam menyatukan negara federal menjadi negara kesatuan mendapat perlawanan oleh Angkatan Perang Ratu Adil di Bandung, dan oleh kelompok Andi Azis di Makassar. Penentangan atas kebijakan ini diperparah dengan adanya kelompok-kelompok yang ingin memaksakan ideologinya. Misalnya, selain menolak perundingan dengan Belanda, pemberontakan DI/TII di Jawa Barat ingin mengganti dasar negara dengan agama dan pemberontakan PKI di Madiun ingin mendirikan negara komunis di Indonesia. Selain itu, pihak asing juga ikut berperan dalam beberapa pemberontakan. Misalnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan berupa pesawat dan uang kepada pemberontak PRRI/Permesta di Sumatera dan Sulawesi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved