Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kita sepakat harga minyak naik, tetapi pemerintah perlu memikirkan agar tidak menaikkan terlalu tingi karena bahan bakar minyak lebih banyak dipakai kelas bawah, seperti minyak tanah dan premium. Pertamaks, avtur, dan sejenisnya, bolehlah harganya ditetapkan lebih tinggi. Kalau ini dilakukan, dampak buruk ke masyarakat bawah bisa dikurangi, apalagi jika program bantuan untuk rakyat miskin itu tepat pada sasarannya.. Masalah batuan yang tepat sasaran ini juga persoalan rumit. Proyek semacam ini sudah pemah dicoba di masa lalu, meski dengan pola yang berbeda. Hasilnya gagal. Minyak tanah dengan harga yang lebih murah tidak jatuh ke tangan orang miskin, tetapi ada juga yang mengalir ke pabrik-pabrik yang membutuhkannya lewat berbagai permainan jahat. Uang dan beras dari pengalihan subsidi minyak juga seret sampai di bawah. Yang lebih krusial adalah tidak ada data yang akurat tentang kantong-kantong orang miskin itu. Bahkan, terjadi korupsi dengan memanipulasi orang miskin dengan mcmbuat laporan fiktif. Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

Kita sepakat harga minyak naik, tetapi pemerintah perlu memikirkan agar tidak menaikkan terlalu tingi karena bahan bakar minyak lebih banyak dipakai kelas bawah, seperti minyak tanah dan premium. Pertamaks, avtur, dan sejenisnya, bolehlah harganya ditetapkan lebih tinggi. Kalau ini dilakukan, dampak buruk ke masyarakat bawah bisa dikurangi, apalagi jika program bantuan untuk rakyat miskin itu tepat pada sasarannya..

Masalah batuan yang tepat sasaran ini juga persoalan rumit. Proyek semacam ini sudah pemah dicoba di masa lalu, meski dengan pola yang berbeda. Hasilnya gagal. Minyak tanah dengan harga yang lebih murah tidak jatuh ke tangan orang miskin, tetapi ada juga yang mengalir ke pabrik-pabrik yang membutuhkannya lewat berbagai permainan jahat. Uang dan beras dari pengalihan subsidi minyak juga seret sampai di bawah. Yang lebih krusial adalah tidak ada data yang akurat tentang kantong-kantong orang miskin itu. Bahkan, terjadi korupsi dengan memanipulasi orang miskin dengan mcmbuat laporan fiktif.

 

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

  1. Harga minyak jangan terlalu tinggi agar minyak berharga murah sebagai bantuan tidak jatuh ke orang miskin.

  2. Pemerintah perlu memikirkan harga minyak agar jangan terlalu tinggi karena bahan bakar minyak banyak dipakai kelas bawah,

  3. Masalah bantuan bagi orang miskin merupakan persoalan sulit untuk dicarikan solusinya.

  4. Minyak tanah harga murah tidak jatuh ke tangan orang miskin karena ada yang mengalir ke pabrik-pabrik.

  5. Uang dan beras pengalihan subsidi minyak seret sampai di bawah karena banyak dikorupsi dengan memanipulasi orang miskin.

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dalam teks editorial atau teks opini, hal yang menjadi opini penulis merupakan sebuah topik yang sebenarnya secara keseluruhan dalam teks tersebut dibahas. Hal yang dibahas oleh penulis adalah kenaikan harga minyak yang akan berdampak pada naiknya harga bahan pokok dan kemudian akan menyulitkan masyarakat miskin. Pernyataan tersebut muncul pada paragraf pertama.

Dalam teks editorial atau teks opini, hal yang menjadi opini penulis merupakan sebuah topik yang sebenarnya secara keseluruhan dalam teks tersebut dibahas. Hal yang dibahas oleh penulis adalah kenaikan harga minyak yang akan berdampak pada naiknya harga bahan pokok dan kemudian akan menyulitkan masyarakat miskin. Pernyataan tersebut muncul pada paragraf pertama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

61

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia