Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kita harus mendukung program pemberantasan nyamuk dengan menjaga kebersihan dan membasmi sarang-sarang nyamuk. Pengaruh pemberantasan nyamuk Anopheles terhadap Plasmodium penyebab penyakit malaria adalah ... .

Kita harus mendukung program pemberantasan nyamuk dengan menjaga kebersihan dan membasmi sarang-sarang nyamuk. Pengaruh pemberantasan nyamuk Anopheles terhadap Plasmodium penyebab penyakit malaria adalah ... .

  1. mencegah secara langsung pembiakan spora

  2. memperlemah virulensinya

  3. memutuskan daur hidupnya

  4. memperlambat metabolisme sel darah merah

  5. memperpendek umur Plasmodium

Iklan

B. Hindarto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Nyamuk Anopheles betina membawa parasit plasmodium yang akan mengalir dalam aliran darah dan akhirnya hinggap di hati setelah seseorang digigit oleh nyamuk tersebut. Parasit tersebut kemudian berkembang biak dan kembali beredar di aliran darah untuk menyerang sel darah merah. Setelah beberapa hari, seseorang akan mulai mengalami gejala malaria seperti demam tinggi selama 2-3 hari, menggigil, dan nyeri otot. Beberapa cara mencegah malaria yang terbukti efektif adalah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk yaitu: Memakai pakaian pelindung seperti celana panjang dan kemeja panjang selama beraktivitas, terutama saat subuh atau sore hari. Nyamuk malaria paling rentan beredar di dua waktu tersebut. Pasang obat nyamuk di dalam ruangan, atau rutin semprot obat nyamuk di pagi dan sore hari. Oleskan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET atau diethyltoluamide saat terasa ada banyak nyamuk di sekitar kita. Pengaruh pemberantasan nyamuk Anopheles terhadap Plasmodium penyebab penyakit malaria adalah untuk memutuskan daur hidupnya dengan melakukan cara-cara yang efektif seperti di atas.

Nyamuk Anopheles betina membawa parasit plasmodium yang akan mengalir dalam aliran darah dan akhirnya hinggap di hati setelah seseorang digigit oleh nyamuk tersebut. Parasit tersebut kemudian berkembang biak dan kembali beredar di aliran darah untuk menyerang sel darah merah. Setelah beberapa hari, seseorang akan mulai mengalami gejala malaria seperti demam tinggi selama 2-3 hari, menggigil, dan nyeri otot. Beberapa cara mencegah malaria yang terbukti efektif adalah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk yaitu:

  1. Memakai pakaian pelindung seperti celana panjang dan kemeja panjang selama beraktivitas, terutama saat subuh atau sore hari. Nyamuk malaria paling rentan beredar di dua waktu tersebut.
  2. Pasang obat nyamuk di dalam ruangan, atau rutin semprot obat nyamuk di pagi dan sore hari.
  3. Oleskan lotion anti nyamuk yang mengandung DEET atau diethyltoluamide saat terasa ada banyak nyamuk di sekitar kita.

Pengaruh pemberantasan nyamuk Anopheles terhadap Plasmodium penyebab penyakit malaria adalah untuk memutuskan daur hidupnya dengan melakukan cara-cara yang efektif seperti di atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

37

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Untuk mempelajari morfologi ookinet Plasmodium vivax , kita harus melakukan pengamatan pada ....

25

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia