Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika uap air yang membentuk awan mendung di angkasa mencair, bahkan membeku, tekanan menurun drastis akibat molekul-molekul gas yang memampat (dari gas menjadi air). Kondisi ini menyebabkan udara di bawah awan tertarik ke dalam awan. Dampak lebih lanjut udara panas di permukaan tanah pun tertarik ke atas dengan cepat. Karena tekanan berkurang dengan tiba-tiba, udara dari tempat lain pun mengalir dan terisak dengan cepat. Udara dari berbagai arah yang mengalir dan terisak ini saling bertabrakan, pilin-memilih menjadi pu saran angin. Maka terjadilah angin puyuh ata puting beliung. Jika awan. mendung yang terbentuk sangat besar, putaran angin yang timbul pun sangat besar dan kuat, sehingga terjadi angin tornado (di Amerika) Angin topan, angin puyuh, dan puting beliung, atau bahkan angin tornado dapat menghancurkan apa saja yang dilaluinya. Angin tornado misalnya dapat bergerak dengan kecepatan 500 km per jam, membentuk belalai pengisap debu raksasa dengan awan mendung sebagai perutnya. Garis tengah belalai putaran angin dapat mencapai ratusan meter Putaran itu mampu mengidap dan mengangkat benda yang dilalui seperti hewan, manusia, atap rumah pohon, mobil, bahkan kereta api. Tornado dapat menyapu daerah sepanjang 30-300 km, tergantung besar awan mendung yang memicu timbulnya perbedaan tekanan udara. Selama bergerak, angin tornado mengeluarkan suara gemuruh seperti set tempur sedang melintas. Ide pokok paragraf pertama kutipan buku tersebut adalah...

     Ketika uap air yang membentuk awan mendung di angkasa mencair, bahkan membeku, tekanan menurun drastis akibat molekul-molekul gas yang memampat (dari gas menjadi air). Kondisi ini menyebabkan udara di bawah awan tertarik ke dalam awan. Dampak lebih lanjut udara panas di permukaan tanah pun tertarik ke atas dengan cepat. Karena tekanan berkurang dengan tiba-tiba, udara dari tempat lain pun mengalir dan terisak dengan cepat. Udara dari berbagai arah yang mengalir dan terisak ini saling bertabrakan, pilin-memilih menjadi pu saran angin. Maka terjadilah angin puyuh ata puting beliung. Jika awan. mendung yang terbentuk sangat besar, putaran angin yang timbul pun sangat besar dan kuat, sehingga terjadi angin tornado (di Amerika)

     Angin topan, angin puyuh, dan puting beliung, atau bahkan angin tornado dapat menghancurkan apa saja yang dilaluinya. Angin tornado misalnya dapat bergerak dengan kecepatan 500 km per jam, membentuk belalai pengisap debu raksasa dengan awan mendung sebagai perutnya. Garis tengah belalai putaran angin dapat mencapai ratusan meter Putaran itu mampu mengidap dan mengangkat benda yang dilalui seperti hewan, manusia, atap rumah pohon, mobil, bahkan kereta api. Tornado dapat menyapu daerah sepanjang 30-300 km, tergantung besar awan mendung yang memicu timbulnya perbedaan tekanan udara. Selama bergerak, angin tornado mengeluarkan suara gemuruh seperti set tempur sedang melintas. 

Ide pokok paragraf pertama kutipan buku tersebut adalah...

  1. bencana angin topan dan angin tornado di Amerika

  2. proses perubahan gas menjadi air di langit

  3. cara menentukan pusaran angin tornado

  4. terjadinya angin puting beliung dan angin tornado

  5. akibat bencana angin puting beliung dan angin tornado

Iklan

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ide pokok pada paragraf pertama terdapat di akhir paragraf yaitu terjadinya angin puting beliung dan angin tornado. Pada kalimat-kalimat sebelumnya dijelaskan tentang proses terbentuknya dan terjadinya angin puting beliung dan angin tornado.

Ide pokok pada paragraf pertama terdapat di akhir paragraf yaitu terjadinya angin puting beliung dan angin tornado. Pada kalimat-kalimat sebelumnya dijelaskan tentang proses terbentuknya dan terjadinya angin puting beliung dan angin tornado.

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

188

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sosialisasi merupakan suatu kegiatan bertujuan agar individu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat. Tujuan pokok adanya sosialisasi bukanlah semata- mata agar kaidah...

345

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia