Roboguru

Ketika makanan sudah sampai lambung dan dicerna di lambung dinamakan ....

Pertanyaan

Ketika makanan sudah sampai lambung dan dicerna di lambung dinamakan ....

  1. lokusundefined

  2. genundefined

  3. mukusundefined

  4. bolusundefined

  5. kimusundefined

Pembahasan Soal:

Lambung adalah suatu kantong penyimpanan makanan setelah esofagus/kerongkongan. Saat makanan telah memasuki lambung, otot lambung akan berkontraksi menutup lubang sfingter sehingga makanan tidak kembali lagi ke esofagus. Selanjutnya pencernaan dilambung akan melibatkan HCL, enzim pepsin, dan renin dengan dibantu oleh adanya gerakan peristaltik lambung maka makanan akan tercampur sehingga pencernaan menjadi lebih optimal. Makanan yang telah mengalami pencernaan di lambung bercampur dengan getah lambung dan berubah menjadi semacam bubur yang disebut kim/kimus.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bila kadar glukosa dalam urine 1.5%, kemungkinan orang tersebut menderita?

Pembahasan Soal:

Diabetes melitus adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Ditemukannya glukosa dalam urine, menandakan jika tubuh kelebihan kadar glukosa dalam darah. Maka orang tersebut menderita penyakit diabetes melitus.space space

0

Roboguru

Sel-sel hati berfungsi sebagai tempat perombakan sel-sel darah merah dan menguraikan hemoglobin sehingga menghasilkan...

Pembahasan Soal:

Eritrosit tua yang sudah mengalami kerusakan perlu dihancurkan oleh organ limpa dan hati (hepar/liver). Hemoglobin dalam eritrosit yang dipecah-pecah menghasilkan zat-zat warna empedu yang disebut bilirubin (warna kuning) dan biliverdin (warna hijau). Kedua zat ini di keluarkan bersama dengan cairan empedu ke saluran pencernaan, sehingga menyebabkan warna feses menjadi kuning kecoklatan. Kedua zat ini juga masih terbawa oleh darah dan menyebabkan timbulnya warna coklat atau biru ketika terjadi memar (pecahnya pembuluh darah).

Dengan demikian, jawaban benar adalah C.undefined 

0

Roboguru

Saluran empedu menghubungkan kantong empedu dengan duodenum. Jika saluran empedu tersumbat maka....

Pembahasan Soal:

Cairan empedu berfungsi dalam mencerna lemak sehingga jika saluran empedu tersumbat maka akan mengganggu proses pencernaan lemak.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan proses pencernaan makanan pada manusia!

Pembahasan Soal:

Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar yang berhubungan dengan proses pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia, yaitu:

  1. Makanan masuk melalui mulut, kemudian di dalam rongga mulut, makanan dipotong-potong menjadi berukuran kecil, dikunyah, lalu dibasahi dengan ludah. Pada mulut juga terjadi perubahan karbohidrat menjadi amilum oleh enzim amilase.
  2. Dari mulut, makanan menuju esofagus. Esofagus merupakan tempat menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Pada esofagus terdapat gerak peristaltik yang dapat mendorong makanan menuju lambung.
  3. Pada lambung, terjadi proses pencernaan secara mekanis dengan bantuan gerak peristaltik dan pencernaan secara kimiawi. Pencernaan kimiawi dibantu oleh asam lambung yang dihasilkan di kelenjar getah lambunh. Asam lambung mengandung HCl, enzim pencernaan, dan mukosa. HCl  berfungsi membunuh kuman dan mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin berfungsi memecah protein menjadi proteosa dan pepton. Lambung juga mengandung enzim renin yang menggumpalkan kasein dalam susu. 
  4. Makanan kemudian masuk ke usus halus. Dalam usus halus, terjadi proses pencernaan lemak dan protein. Hasil-hasil pencernaan diabsorpsi oleh vili. Proses pencernaan pada usus halus dibantu oleh enzim sakarase, maltase, laktase, erepsinogen, dan erepsin.
  5. Materi yang tidak dapat diserap oleh usus halus didorong menuju usus besar. Pada usus besar terjadi penyerapan air dan pembentukan feses.
  6. Feses yang terbentuk akan terdorong ke rektum secara peristaltik dan dikeluarkan lewat anus.space 

0

Roboguru

Gigi manusia terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Setiap jenis gigi tersebut memiliki luas permukaan yang berbeda-beda. Apa pengaruh luas permukaan ketiga jenis gigi tersebut terhada...

Pembahasan Soal:

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved