Roboguru

Ketika harga tepung terigu dan telur untuk membuat roti naik, maka jumlah roti yang ditawarkan akan....

Pertanyaan

Ketika harga tepung terigu dan telur untuk membuat roti naik, maka jumlah roti yang ditawarkan akan.... space 

  1. naik space

  2. turun space

  3. tetap space

  4. berubah space

  5. tidak bisa diperkirakan space

Pembahasan Soal:

Salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran adalah biaya produksi. Semakin tinggi biaya produksi suatu barang maka penawaran suatu barang akan semakin sedikit atau sebaliknya semakin rendah biaya produksi suatu barang maka penawaran suatu barang akan semakin tinggi.

Dengan demikian, ketika harga tepung terigu dan telur untuk membuat roti naik, maka jumlah roti yang ditawarkan akan turun karena tepung terigu dan telur adalah bahan baku pembuat roti. Saat kedua harga bahan baku ini naik maka biaya produksi akan naik sehingga jumlah penawaran roti akan turun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Naiknya harga kedelai untuk memproduksi tahu dan tempe membuat penawaran kedua barang tersebut menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut, faktor yang memengaruhi penawaran adalah ....

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan berbagai barang pada tingkat harga dalam waktu tertentu dan keadaan tertentu. Faktor yang mempengaruhi penawaran adalah:

  1. Harga
    Harga barang itu sendiri. Produsen atau perusahaan akan menawarkan lebih banyak barang jika harga naik. Begitupun berlaku sebaliknya.
    Harga barang lain yang terkait. Contohnya seorang petani memiliki lahan yang dapat ditanami jagung atau kacang-kacangan. Ketika harga jagung naik, petani akan mengurangi penanaman kacang dan menggantinya dengan jagung karena lebih menguntungkan.
  2. Biaya Produksi
    Produsen membutuhkan/membeli berbagai faktor produksi untuk dapat menghasilkan barang dan jasa. Oleh karena itu, jika biaya produksi mengalami kenaikan, maka harga barang akan cenderung naik. Produsen cenderung mengurangi jumlah produksinya, akibatnya jumlah penawarannya pun akan berkurang. Hal ini berlaku sebaliknya.
  3. Tingkat Teknologi
    Perusahaan yang menggunakan teknologi pada tingkat yang lebih tinggi dapat meningkatkan hasil produksinya dengan cepat. Di samping itu, penggunaan teknologi yang tinggi juga akan menyebabkan biaya produksi semakin murah. Peningkatan hasil produksi dan biaya produksi yang semakin murah, akan menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak pada tingkat harga tertentu.
  4. Jumlah Produsen
    Semakin banyak jumlah produsen, semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya, jika beberapa produsen es krim memutuskan untuk berhenti berjualan dan keluar dari pasar, maka tentu jumlah es krim yang dijual/ditawarkan di pasar akan turut berkurang.
  5. Kebijakan Pemerintah
    Pajak. Asumsi bahwa pajak menjadi beban penjual (penambah harga yang ditawarkan) dan mengurangi laba. Maka semakin besar pajak, jumlah barang yang ditawarkan akan menurun, begitu pula sebaliknya.
    Subsidi. Mampu mengurangi biaya produksi, sehingga menjadi pengurang harga yang ditawarkan dan menambah laba. Karena itu, semakin besar subsidi, jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah.
  6. Faktor Alam
    Pengaruh alam akan memengaruhi penawaran produk pertanian dan perikanan. Misalnya, bagi para petani padi, iklim yang tidak menentu dapat menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, jumlah beras yang ditawarkan akan berkurang.
  7. Prediksi Produsen tentang Kondisi pada Masa Mendatang
    Sebagai contoh, jika produsen meramalkan akan terjadi kenaikan harga beras bulan depan. Maka, pada saat ini produsen akan mengurangi stok penjualannya dan menunggu hingga bulan depan untuk mengeksploitasi keuntungan yang mungkin akan diperoleh akibat naiknya harga.


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space 

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran berikut ini! Ekspektasi penjual. Harga barang subsitusi. Biaya produksi. Selera masyarakat. Kemajuan teknologi. Berdasarkan ...

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah jumlah barang yang tersedia bagi konsumen pada periode dan tingkat harga tertentu. Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran di antaranya: harga, biaya produksi, jumlah pembeli, peristiwa alam, keuntungan yang diharapkan, teknologi produksi, persaingan, kebijakan pemerintah. Faktor yang memengaruhi penawaran terdapat pada pernyataan nomor 1, 3, dan 5. Sedangkan nomor 2 dan 4 merupakan faktor yang memengaruhi permintaan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. space space space 

0

Roboguru

Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran!

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah sejumlah unit barang yang tersedia di pasar. Dimana barang tersebut dapat dijual pada waktu dan harga tertentu. Dengan catatan bahwa barang tersebut telah tersedia serta siap diperjualbelikan. Berikut faktor yang memengaruhi penawaran, yaitu:

  1. Harga Barang
  2. Biaya Produksi
  3. Kemajuan Teknologi
  4. Pajak
  5. Harga Barang Pengganti
  6. Perkiraan Harga pada Masa Depan
  7. Tujuan Perusahaan
  8. Muncul Produsen Baru 

0

Roboguru

Sebutkan faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran!

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah jumlah barang yang bersedia dan dapat ditawarkan untuk dijual oleh penjual pada tingkat harga tertentu. Faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran, yaitu:

  • Harga sumber daya (bahan baku)
    Semakin tinggi harga bahan baku maka harga yang akan ditawarkan akan naik dan akan mempengaruhi jumlah penawaran 
  • Kemajuan teknologi 
    Teknologi juga merupakan faktor yang mempengaruhi biaya produksi, yang pada akhirnya mempengaruhi penawaran. Mesin-mesin dan penemuan-penemuan mutakhir dapat menurunkan biaya produksi dan/atau meningkatkan efisiensi, yang pada akhirnya meningkatkan penawaran terhadap suatu barang atau jasa.
  • Jumlah penjual
    Semakin banyak penjual maka barang yang akan ditawarkan semakin meningkat.

space

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan faktor yang memengaruhi penawaran adalah ....

Pembahasan Soal:

Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga. Dalam penawaran harga barang memiliki hubungan terbalik dengan jumlah barang. Penawaran dipengaruhi oleh sejumlah faktor antara lain:

  • harga barang itu sendiri,
  • harga barang lain, meliputi harga barang substitusi dan harga barang komplementer,
  • biaya produksi, (D)
  • teknologi produksi,
  • pajak,
  • subsidi,
  • perkiraan harga di masa mendatang


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved