Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan pula faktor-faktor yang memengaruhi penawaran suatu barang. Berikan penjelasan secara ringkas masing-masing faktor tersebut (termasuk sifat korelasinya)!

Sebutkan pula faktor-faktor yang memengaruhi penawaran suatu barang. Berikan penjelasan secara ringkas masing-masing faktor tersebut (termasuk sifat korelasinya)!          space space   

Iklan

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang adalah sebagai berikut: Harga barang itu sendiri memiliki korelasi positif yang mana bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Sebaliknya, jika harga barang turun, kurva bergerak dari kanan atas ke kiri bawah. Harga barang terkait memiliki korelasi negatif yang mana jika harga barang terkait naik, kurva bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika harga barang turun kurva bergeser ke kanan. Biaya produksi memiliki korelasi negatif yang mana jika biaya produksi naik, kurva bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika biaya produksi turun, kurva bergeser ke kanan. Teknologi memiliki korelasi positif yang mana jika teknologi berkembang dengan pesat, maka kurva bergeser ke kanan. Jika perkembangan teknologi terhambat maka kurva bergeser ke kiri. Kebijakan pemerintah berupa pajak memiliki korelasi negatif yang mana jika pajak naik, kurva akan bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika pajak turun, kurba bergeser ke kanan. Kebijakan pemerintah berupa subsidi memiliki korelasi positif yang mana jika subsidi naik, kurva bergeser ke kanan. Jika subsidi turun, kurva bergeser ke kiri.

Faktor yang mempengaruhi penawaran suatu barang adalah sebagai berikut:

  1. Harga barang itu sendiri memiliki korelasi positif yang mana bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Sebaliknya, jika harga barang turun, kurva bergerak dari kanan atas ke kiri bawah.
  2. Harga barang terkait memiliki korelasi negatif yang mana jika harga barang terkait naik, kurva bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika harga barang turun kurva bergeser ke kanan.
  3. Biaya produksi memiliki korelasi negatif yang mana jika biaya produksi naik, kurva bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika biaya produksi turun, kurva bergeser ke kanan.
  4. Teknologi memiliki korelasi positif yang mana jika teknologi berkembang dengan pesat, maka kurva bergeser ke kanan. Jika perkembangan teknologi terhambat maka kurva bergeser ke kiri.
  5. Kebijakan pemerintah berupa pajak memiliki korelasi negatif yang mana jika pajak naik, kurva akan bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika pajak turun, kurba bergeser ke kanan. Kebijakan pemerintah berupa subsidi memiliki korelasi positif yang mana jika subsidi naik, kurva bergeser ke kanan. Jika subsidi turun, kurva bergeser ke kiri. space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor yang memengaruhi penawaran terdiri atas ....

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia