Roboguru

Ketertarikan dan ketergantungan antara manusia satu dengan yang lainnya mendorong seseorang untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat yang disebut ….

Pertanyaan

Ketertarikan dan ketergantungan antara manusia satu dengan yang lainnya mendorong seseorang untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat yang disebut …. 

  1. Paguyuban 

  2. Masyarakat 

  3. Patembayan 

  4. Organisasi sosial 

  5. Kelompok sosial 

Pembahasan Soal:

Soal membahas tentang faktor yang dapat membentuk suatu kelompok.

Adanya ketertarikan dan ketergantungan antar manusia satu dengan yang lainnya adalah faktor yang dapat membentuk kelompok sosial. Sebagai makhluk sosial, tentunya antar individu yang satu dengan lainnya saling membutuhkan sehingga terdoronglah upaya untuk membentuk suatu kelompok di masyarakat .

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah kelompok sosial pada opsi E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Soerjono Soekanto, dalam kelompok sosial terdapat hubungan sosial yang saling memengaruhi antar anggotanya. Tujuan dilakukannya tindakan saling mempengaruhi tersebut adalah?

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan ciri kelompok sosial menurut soerjono soekanto

    Manusia adalah makhluk individu yang tidak dapat melepaskan diri dari hubungan dengan manusia lain. Sebagai akibat dari hubungan yang terjadi diantara individu-individu (manusia) kemudian lahirlah kelompok-kelompok sosial (social group) yang dilandasi oleh kesamaan-kesamaan kepentingan bersama.

    Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan diantara mereka. Dalam pembentukan kelompok sosial akan menciptakan sebuah pola dan nilai yang disepakati bersama. Salah  satu ciri kelompok sosial yang di kemukakan oleh Soerjono Soekanto adalah hubungan timbal balik antar sesama anggota, yang mana pada hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran saling menolong untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan seorang individu. dengan tujuan penerapan nilai-nilai sosial yang ada dan dibutuhkan dalam suatu struktur sosial pada masyarakat.  Sehingga dengan adanya hubungan yang terjalin dalam sebuah kelompok sosial akan menciptakan kondisi saling memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dan juga akan mencapai kestabilitasan sosial kelompok masyarakat.  

0

Roboguru

Apa yang di maksud dengan kelompok sosial?

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial menurut pendapat beberapa ahli sebagai berikut.

  1. Soerjono Soekanto. Kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan-manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.
  2. Paul B. Horton. Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.
  3. Mayor Polak. Kelompok sosial merupakan sejumlah orang yang satu sama lain memiliki hubungan sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli di atas, kelompok sosial dapat diartikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki hubungan timbal balik untuk memenuhi kepentingan bersamanya. undefined

0

Roboguru

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Ikatan Sosiolog Indonesia (ISI) dapat dikategorikan dalam bentuk berkelompok . . . .

Pembahasan Soal:

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Ikatan Sosiolog Indonesia (ISI) termasuk pada kelompok okupasional. Kelompok okupasional merupakan kelompok-kelompok profesi dalam masyarakat. Persamaan profesi menjadi ciri khusus munculnya kelompok okupasional.

0

Roboguru

Jelaskan kelompok sosial dilihat dari besar kecilnya kelompok dan jumlah anggotanya!

Pembahasan Soal:

Dari segi anggota, kelompok sosial primer mempunyai anggota yang relatif sedikit. Contoh kelompok sosial primer adalah keluarga inti dan keluarga besar. Sedangkan kelompok sosial sekunder adalah kelompok sosial yang memiliki jumlah anggota yang besar, tidak saling mengenal, dan interaksi sosial di dalamnya tidak selalu dilakukan secara langsung.undefined 

0

Roboguru

Keberadaan institusi anti korupsi seperti KPK sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai sarana kontrol akan korupsi di Indonesia. KPK dalam hal ini juga merupakan bagian dari kelompok sosial karena .....

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama.Seseorang dikatakan menjadi bagian dari suatu kelompok apabila berkumpul dengan para anggota dan memiliki interaksi dengan anggota lain dari kelompok tersebut. Ciri-ciri kelompok sosial sebagai berikut:

  1. Kelompok sosial adalah satu kesatuan yang nyata, dapat dikenal, dan dapat dibedakan kelompok sosialnya.
  2. Setiap anggota kelompok sosial merasa memiliki kepentingan yang sama dan mempertahankan nilai-nilai hidup yang sama.
  3. Setiap kelompok sosial memiliki struktur sosial karena terdiri dari individu yang saling terkait satu sama lain berdasar status dan perannya.
  4. Setiap anggota kelompok sosial memiliki peran-peran yang berbeda.
  5. Setiap kelompok sosial memiliki norma-norma kelakuan yang mengatur peran anggota.space space

Salah satu contoh kelompok sosial dimasyarakat adalah KPK. Dalam hal ini KPK merupakan bagian dari kelompok sosial karena KPK mempunyai struktur sosial yang tiap anggotanya punya peran dan status masing-masing.space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved