Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi disebut ....

Kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi disebut ....space space 

  1. Lembagaspace space 

  2. Kelompok Sosialspace space 

  3. Pranataspace space 

  4. Kelas sosialspace space 

  5. Individuspace space 

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal menanyakan mengenai konsep kelompok sosial berdasarkan definisi yang ada pada soal. Kelompok sosialadalahsekumpulan manusiayang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dansaling berinteraksi dengan pola yang terorganisir secara berulang-ulangdengantujuan untuk mewujudkan penerapan nilai-nilai sosial yang berlaku dan dibutuhkan dalam suatu struktur sosial di masyarakat. Kelompok merupakan kumpulan individu yang diberi kesamaan berdasarkan sesuatu hal. Kelompok di dalam kehidupan masyarakat sangat banyak jumlahnya. Hal ini merupakan pengkategorian terhadap tujuan dari setiap anggotanya yang sama, jenis kegiatan yang sama, dan orientasi yang sama. Anggota-anggota dari suatu kelompok berinteraksi secara langsung, dan melakukan proses sosial secara akrab dan intensif. Pergaulan manusia tersebut akan menimbulkan suatu perasaan yang saling membutuhkan.Semuanya itu menimbulkan kelompok-kelompok sosial( social group ) yang merupakanhimpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama dan saling berhubungan, seperti masyarakat yang terdiri atas anggota-anggotanya, namun lebih bersifat kompleks. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.

Soal menanyakan mengenai konsep kelompok sosial berdasarkan definisi yang ada pada soal.

Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi dengan pola yang terorganisir secara berulang-ulang dengan tujuan untuk mewujudkan penerapan nilai-nilai sosial yang berlaku dan dibutuhkan dalam suatu struktur sosial di masyarakat.

Kelompok merupakan kumpulan individu yang diberi kesamaan berdasarkan sesuatu hal. Kelompok di dalam kehidupan masyarakat sangat banyak jumlahnya. Hal ini merupakan pengkategorian terhadap tujuan dari setiap anggotanya yang sama, jenis kegiatan yang sama, dan orientasi yang sama. Anggota-anggota dari suatu kelompok berinteraksi secara langsung, dan melakukan proses sosial secara akrab dan intensif. Pergaulan manusia tersebut akan menimbulkan suatu perasaan yang saling membutuhkan. Semuanya itu menimbulkan kelompok-kelompok sosial (social group) yang merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama dan saling berhubungan, seperti masyarakat yang terdiri atas anggota-anggotanya, namun lebih bersifat kompleks.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Jagattt Natta

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Anggota kelompok adalah orang yang sadar bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompok dan didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota dari kelompok tersebut. SEBAB Kelompok sosial adalah sejum...

14

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia