Roboguru

Keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya di bumi serta tersebar tidak merata bisa dipelajari dengan prinsip....

Pertanyaan

Keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya di bumi serta tersebar tidak merata bisa dipelajari dengan prinsip....

  1. Korologi dan dependensi

  2. Distribusi dan interaksi

  3. Korologi dan keruangan

  4. Interelasi dan distribusi

  5. Deskripsi dan interelasi

Pembahasan Soal:

Keterkaitan antara faktor yang satu dengan faktor yang lainnya di bumi serta tersebar tidak merata bisa dipelajari dengan prinsip interelasi dan distribusi. Prinsip interelasi merupakan gejala yang terjadi di suatu wilayah tertentu. Prinsip ini digunakan untuk mendalami dengan cara mengkaji gejala geografi. Setelah mengetahui penyebaran gejala pada wilayah tertentu, maka langkah selanjutnya yaitu mengkaji hubungan antara gejala yang ada di tempat tersebut. Pengkajian hubungan bisa berasal dari hubungan gejala fisik dengan gejala fisik, manusia dengan manusia, atau fisik dengan manusia. Sedangkan prinsip persebaran atau distribusi digunakan untuk menganalisis gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak merata. Fenomena geografi yang diteliti bisa berupa alam, tumbuhan, hewan, dan manusia. Prinsip ini digunakan untuk mengungkapkan hubungan antar fenomena secara menyeluruh.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam menganalisis geosfer, ada 4 prinsip geografi, jelaskan!

Pembahasan Soal:

Prinsip suatu ilmu digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan fenomena yang terjadi berdasarkan karakteristik dan keterkaitannya. Prinsip dalam geografi di antaranya sebagai berikut.

  1. Prinsip persebaran/distribusi artinya baik gejala, kenampakan dan masalah yang terdapat di ruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi.
  2. Prinsip interelasi atau keterkaitan artinya antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik.
  3. Prinsip deskripsi merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi. Pemaparan tersebut dapat berupa uraian, peta, chart, tabel, grafik ataupun media lainnya. 
  4. Prinsip korologi merupakan gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip di atas.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan empat prinsip geografi!

Pembahasan Soal:

Terdapat empat prinsip geografi, keempat prinsip ini merupakan dasar untuk menjelaskan, menguraikan, mengkaji, dan menganalisis berbagai fenomena geografi dalam ruang, 4 prinsip tersebut diantaranya:

  1. Prinsip persebaran atau distribusi digunakan untuk menelaah gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata.
  2. Prinsip interelasi digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang.
  3. Prinsip geografi yang selanjutnya adalah prinsip deskripsi. Prinsip ini digunakan untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat diamati. 
  4. Prinsip korologi merupakan prinsip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip lainnya. Pengkajian dengan prinsip korologi dapat menunjukkan adanya perbedaan gejala, fenomena, dan fakta antarwilayah.space 

3

Roboguru

Jelaskan tentang 4 prinsip geografi !

Pembahasan Soal:

Prinsip geografi digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan fenomena yang terjadi berdasarkan karakteristik dan keterkaitannya. Prinsip dalam geografi di antaranya sebagai berikut.

  1. Prinsip persebaran/distribusi artinya baik gejala, kenampakan dan masalah yang terdapat di ruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Misalnya persebaran jenis tanah
  2. Prinsip interelasi/keterkaitan artinya antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik. Misalnya daerah longsor sangat berkaitan dengan morfologi wilayahnya.
  3. Prinsip deskripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi. Pemaparan tersebut dapat berupa uraian, peta, chart, tabel, grafik dan lain sebagainya.
  4. Prinsip korologi, merupakan gabungan atau perpaduan dari ketiga prinsip di atas. Gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya dan keterkaitannya.

4

Roboguru

Jelaskan prinsip-prinsip yang digunakan dalam penelitian geografi!

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi dapat didefinisikan sebagai kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan langkah-langkah sistematis, terkontrol dan empiris untuk memecahkan permasalahan persamaan dan perbedaan ruang. Prinsip-prinsip yang digunakan dalam penelitian geografi diantaranya:

  • Prinsip distribusi/ persebaran membahas tentang fenomena geografi yang tidak merata di permukaan bumi. Contohnya sebaran sumber daya alam.
  • Prinsip interelasi membahas tentang hubungan timbal balik antara alam dengan manusia. Contohnya terjadi hujan karena siklus hidrologi.
  • Prinsip deskripsi menggambarkan kaitan manusia dengan alam dalam penjelasan atau deskripsi.
  • Prinsip korologi merupakan perpaduan antara prinsip sebaran, interelasi, dan deskripsi.

0

Roboguru

Fenomena yang sesuai dikaji dengan prinsip distribusi dan interelasi adalah …. (1) Pola pemukiman di wilayah pegunungan adalah memusat. (2) Arus Gulfstream membuat suhu di Eropa Barat hangat dan lauta...

Pembahasan Soal:

Prinsip distribusi adalah prinsip geografi yang mengkaji tentang persebaran fenomena geografi di permukaan bumi. Contoh fenomena yang dapat dikaji dengan prinsip distribusi adalah “Tercatat bahwa kabut asap melanda Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat”. Prinsip interelasi adalah prinsip geografi yang mengkaji tentang hubungan antarfenomena geosfer. Contoh fenomena yang dapat dikaji dengan prinsip interelasi adalah “Arus Gulfstream membuat suhu di Eropa Barat hangat dan lautan terbebas dari es”. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved