Roboguru

Beberapa fenomena geosfer. Perkebunan karet banyak dijumpai di dataran rendah dan pegunungan/perbukitan; Bencana banjir yang melanda Jakarta awal tahun 2020 menggenangi sebagian besar wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi; Bencana tsunami di Indonesia seringkali dipicu oleh gempa tektonik; Wilayah pantai utara Jawa memiliki jenis tanah aluvial, sedangkan di bagian tengah lebih banyak memiliki jenis tanah vulkanik; Wilayah puncak Cipanas berada pada ketinggian 1.820 meter dari permukaan laut, jenis vegetasi yang dijumpai adalah kebun teh dan pinus. Fenomena yang menggambarkan prinsip distribusi adalah angka ....

Pertanyaan

Beberapa fenomena geosfer.

  1. Perkebunan karet banyak dijumpai di dataran rendah dan pegunungan/perbukitan;
  2. Bencana banjir yang melanda Jakarta awal tahun 2020 menggenangi sebagian besar wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi;
  3. Bencana tsunami di Indonesia seringkali dipicu oleh gempa tektonik;
  4. Wilayah pantai utara Jawa memiliki jenis tanah aluvial, sedangkan di bagian tengah lebih banyak memiliki jenis tanah vulkanik;
  5. Wilayah puncak Cipanas berada pada ketinggian 1.820 meter dari permukaan laut, jenis vegetasi yang dijumpai adalah kebun teh dan pinus.

Fenomena yang menggambarkan prinsip distribusi adalah angka ....undefined

  1. 3, 4, dan 5undefined

  2. 2, 4, dan 5undefined

  3. 1, 2, dan 4undefined

  4. 1, 3, dan 5undefined

  5. 1, 2, dan 3undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Prinsip geografi adalah 4 prinsip yang mendasari analisis geografi pada fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita. Prinsip distribusi merupakan prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena di permukaan bumi yang tidak terjadi secara merata. Prinsip ini dapat digunakan untuk menjelaskan hampir semua fenomena geografi yang ada di permukaan bumi. Mulai dari pemusatan aktivitas ekonomi, persebaran penduduk yang tidak merata, keberadaan sumber daya alam, hingga pola permukiman yang muncul di suatu wilayah.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang merupakan contoh uraian yang menggunakan prinsip persebaran adalah ...

Pembahasan Soal:

Prinsip distribusi atau prinsip persebaran adalah prinsip geografi yang digunakan untuk menggambarkan objek atau fenomena geosfer di permukaan bumi. Contoh yang tepat dari prinsip persebaran adalah fenomena banjir rob sering terjadi di kota-kota besar di pesisir utara Pulau Jawa, seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Pernyataan tersebut menjelaskan distribusi wilayah yang sering mengalami banjir rob. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Di pagi hari, masyarakat Bandung mulai beraktifitas. Ada yang ke sekolah, ke pasar, ke kantor dan tempat lain. Prinsip geografi yang terdapat dalam paragraf tadi adalah.....

Pembahasan Soal:

Prinsip persebaran atau distribusi mengkaji suatu gejala yang tersebar tidak sama dan tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, flora dan fauna, serta aktivitas manusia. Pada prinsip ini dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya secara menyeluruh. Selain itu, dapat digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang. Contohnya: Di pagi hari, masyarakat Bandung mulai beraktifitas. Ada yang ke sekolah, ke pasar, ke kantor dan tempat lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Wilayah rawan gempa di Indonesia berada pada daerah pesisir barat Sumatra, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan barat Papua.  Fenomena tersebut da...

Pembahasan Soal:

Soal tersebut menjelaskan tentang sebaran wilayah rawan gempa bumi di Indonesia. Prinsip yang dapat digunakan untuk mengkaji hal tersebut adalah prinsip distribusi. Hal ini dikarenakan prinsip distribusi digunakan untuk memahami persebaran dari berbagai fenomena yang ada di Bumi. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip geografi untuk  memahami fenomena di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada empat prinsip geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki perbedaan yang sangat terlihat, berikut pengertiannya masing-masing:

  • Prinsip distribusi, adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: Hutan hujan tropis tersebar di Indonesia bagian Barat.
  • Prinsip deskripsi, adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu, dengan berbagai jenis data. Contohnya: Hutan hujan tropis adalah jenis hutan heterogen, yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki daun yang lebat dan tinggi, Oleh karena itu keadaan tanahnya sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah, dan hutan hujan tropis banyak ditemukan di seluruh indonesia bagian barat.
  • Prinsip interelasi, adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat dari fenomena alam yang terjadi, Oleh karena itu mengakibatkan fenomena yang lain. Contohnya Di NTB banyak padang rumput, Oleh karena itu di NTB komoditi masyarakatnya ialah Peternakan.
  • Prinsip korologi, adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip diatas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang dan jelas.

Oleh karena itu jawaban yang paling tepat adalah prinsip deskripsi  pada soal dijelaskan bahwa industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi.

0

Roboguru

Industri cenderung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya, dan sumber energi. Prinsip Geografi untuk memahami fenomena di atas adalah.....

Pembahasan Soal:

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta dsb.
  • Prinsip persebaran/distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Pernyataan dalam soal menyebutkan industri cendrung tumbuh di daerah dataran, dekat jalan raya dan sumber energi. Pernyataan tersebut menjelaskan tentang persebaran/distribusi. Sehingga jawaban yang tepat adalah C. prinsip distribusi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved