Roboguru

Keseimbangan harga bawang merah dipengaruhi oleh perubahan permintaan dan perubahan penawarannya. Bencana gagal panen berpengaruh pada ketersediaan bawang merah di pasar. Sementara itu, permintaan bawang merah pun tetap. Akibat peristiwa tersebut adalah….

Pertanyaan

Keseimbangan harga bawang merah dipengaruhi oleh perubahan permintaan dan perubahan penawarannya. Bencana gagal panen berpengaruh pada ketersediaan bawang merah di pasar. Sementara itu, permintaan bawang merah pun tetap. Akibat peristiwa tersebut adalah…. undefined 

  1. Harga bawang merah turun karena permintaanya tetap tetapi, ketersediaan bawang merah berkurang undefined 

  2. Harga bawang merah naik karena permintaanya tetap tetapi, ketersediaan bawang merah berkurang undefined 

  3. Harga bawang merah turun karena permintaanya menurun dan ketersediaan bawang merah meningkat undefined 

  4. Harga bawang merah naik karena permintaanya meningkat dan ketersediaan bawang merah berkurang undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Adanya bencana gagal panen berpengaruh pada ketersediaan bawang merah di pasar yang mengakibatkan bawang merah berkurang. Sementara itu, permintaan bawang merah tetap akan mengakibatkan harga akan meningkat sehingga akan memengaruhi pergeseran kurva permintaan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan Bundefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Makna dari asumsi ceteris paribus pada hukum permintaan yang benar adalah ….

Pembahasan Soal:

Asumsi berlakunya hukum permintaan adalah ceteris paribus. Maksud dari ceteris paribus adalah faktor-faktor lain yang memengaruhi permintaan dianggap tetap. Faktor-faktor lain yang dimaksud adalah selain harga, misalnya pendapatan, selera, dan jumlah penduduk. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. undefined undefined

0

Roboguru

Jelaskan pengertian permintaan individual!

Pembahasan Soal:

Permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung. Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.

Permintaan individu permintaan yang berasal dari seseorang atau permintaan yang berasal dari masing-masing personal. Permintaan individu juga merupakan jumlah barang (atau jasa) yang konsumen sedia dan mampu minta dengan harga yang berbeda, ceteris paribus. 

0

Roboguru

Hukum ekonomi berlaku dengan syarat-syarat tertentu atau berlaku jika keadaan lain tetap. Hal ini merupakan sifat hukum ekonomi yang disebut ....

Pembahasan Soal:

Ceteris paribus merupakan asumsi dimana faktor-faktor lain selain barang itu sendiri tetap (tidak berubah). Ceteris paribus merupakan asumsi yang digunakan untuk menyederhakan suatu deskripsi maupun formulasi dalam berbagai anggapan ekonomi. Ceteris paribus merupakan sifat hukum dalam ekonomi dimana semua faktor lain yang mempengaruhi dianggap konstan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.  

0

Roboguru

Pada posisi harga yang tidak berubah, apabila terjadi perubahan kondisi ceteris paribus maka akan memengaruhi permintaan. Hal itu ditunjukkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pergerakan dan pergeseran kurva permintaan. Faktor yang memengaruhi adanya pergerakan di sepanjang kurva permintaan adalah harga barang itu sendiri. Sedangkan faktor yang memengaruhi pergeseran kurva permintaan adalah selera masyarakat, harga barang lain yang terkait, jumlah penduduk, pendapatan masyarakat, dsb.

Pada posisi harga tidak berubah (tetap), sedangkan terjadi perubahan kondisi ceteris paribus, artinya faktor yang berubah adalah faktor lain selain harga itu sendiri. Faktor lain selain harga akan mengakibatkan terjadinya pergeseran seluruh kurva permintaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Meningkatnya harga suatu barang dengan mengasumsikan hal-hal lain tetap akan mengakibatkan ....

Pembahasan Soal:

Meningkatnya harga barang dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap atau cateris paribus. Saat harga barang naik, maka pembeli akan mengurangi jumlah barang yang akan dibeli. Sedangkan produsen akan menambah barang yang akan dijual kepada konsumen. Karena hanya faktor harga saja yang memengaruhi sisi permintaan dan penawaran. Penjual ingin mendapatkan untung dari kenaikan harga barang dan pembeli tidak ingin merugi dengan membeli banyak barang. Dampak lain dari kenaikan harga adalah surplus konsumen menurun dan surplus produsen naik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved