Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!


Penanaman hutan kembali dilakukan oleh warga masyarakat Desa Trimulya. Hal ini karena beberapa waktu lalu Desa Trimulya diterjang banjir bandang. Pemerintah pun tidak tinggal diam, bantuan material untuk pembangunan tanggul pun digelontorkan. Bantuan material tersebut berasal dari subsidi silang yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Kemudian penanaman hutan kembali, masyarakat diwajibkan untuk lebih disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

(Dokumen penulis)space 

Kesalahan penulisan pada paragraf di atas adalah ....

Kesalahan penulisan pada paragraf di atas adalah ....space 

  1. kata kemudian diganti jikalauspace 

  2. kata kemudian diganti selainspace 

  3. kata silang dihilangkanspace 

  4. kata kemudian dihilangkanspace 

  5. kata tanggul diganti tembokspace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalambentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan artinya menyatakan atau menerangkan kata, kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Kaidah mengenai ejaan terdapat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Kesalahan penulisan terdapat pada kalimat kelima yaitu sebagai berikut. " .... Kemudian penanaman hutan kembali, masyarakat diwajibkan untuk lebih disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. " Konjungsi kemudian merupakan penghubung yang menunjukkan waktu. Sedangkan kalimat tersebut bertujuan untuk menjelaskan serta memperkuat kalimat sebelumnya.Konjungsi yang tepat untuk menggantikan kata kemudian adalah selain itu. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

    Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan artinya menyatakan atau menerangkan kata, kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Kaidah mengenai ejaan terdapat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

    Kesalahan penulisan terdapat pada kalimat kelima yaitu sebagai berikut.

".... Kemudian penanaman hutan kembali, masyarakat diwajibkan untuk lebih disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan."

    Konjungsi kemudian merupakan penghubung yang menunjukkan waktu. Sedangkan kalimat tersebut bertujuan untuk menjelaskan serta memperkuat kalimat sebelumnya. Konjungsi yang tepat untuk menggantikan kata kemudian adalah selain itu.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ....

15

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia