Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kerusakan flora dan fauna dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Peristiwa yang mengindikasikan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem adalah ....

Kerusakan flora dan fauna dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Peristiwa yang mengindikasikan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem adalah ....space 

  1. perubahan jenis predator 

  2. peningkatan jumlah predator 

  3. peningkatan konsumsi hewan

  4. penurunan konsumsi tumbuhan

  5. peningkatan luas kerusakan lahan

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kerusakan flora dan fauna dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem, misalnya berkaitan dengan populasi predator. Salah satu dampak kerusakan flora dan fauna di bumi, adalah dapat menimbulkan adanya ketidakseimbangan ekosistem. Ekosistem merupakan suatu kesatuan antara alam dengan makhluk hidup di dalamnya. Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa komponen yang menjadi penyusunnya. Misalnya ada tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1 dan hewan karnivora atau predator yang merupakan konsumen puncak. Apabila suatu komponen penyusun ekosistem tersebut hilang, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Misalnya banyaknya pemburuan terhadap hewan ular (predator) pada ekosistem sawah, mengakibatkan meningkatnya jumlah hewan tikus yang dapat merusak hasil padi. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Kerusakan flora dan fauna dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem, misalnya berkaitan dengan populasi predator. Salah satu dampak kerusakan flora dan fauna di bumi, adalah dapat menimbulkan adanya ketidakseimbangan ekosistem. Ekosistem merupakan suatu kesatuan antara alam dengan makhluk hidup di dalamnya.

Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa komponen yang menjadi penyusunnya. Misalnya ada tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat 1 dan hewan karnivora atau predator yang merupakan konsumen puncak. Apabila suatu komponen penyusun ekosistem tersebut hilang, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem. Misalnya banyaknya pemburuan terhadap hewan ular (predator) pada ekosistem sawah, mengakibatkan meningkatnya jumlah hewan tikus yang dapat merusak hasil padi.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Selain pembalakan hutan dan perambahan liar, apa yang menyebabkan populasi flora dan fauna di Indonesia terancam?

1rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia