Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kerumunan terbentuk karena individu-individu memiliki perhatian yang sama terhadap suatu hal. SEBAB Identitas individu dalam kerumunan tidak terlihat sehingga kedudukan setiap individu yang terlibat tidak berbeda dan tidak terorganisir.

Kerumunan terbentuk karena individu-individu memiliki perhatian yang sama terhadap suatu hal.

SEBAB

Identitas individu dalam kerumunan tidak terlihat sehingga kedudukan setiap individu yang terlibat tidak berbeda dan tidak terorganisir.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat

  3. jika pernyataan benar, alasan salah

  4. jika pernyataan salah, alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan salah

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kerumunan merupakan suatu bentuk kelompok semu karena tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan terbentuk dengan tidak sengaja (spontan). Selain itu kerumunan terbentuk karena individu memiliki perhatian yang sama terkait hal tertentu, meskipun hal tersebut terjadi secara spontan. Misalnya, kerumunan orang mengantri tiket, kerumunan orang yang sedang menonton bioskop ataupun kerumunan orang yang sedang melihat kecelakaan lalu lintas. Poin pada alasan juga benar, karena salah satu ciri-ciri kerumunan adalah kedudukan setiap individu yang terlibat tidak berbeda dan tidak terorganisir. Akan tetapi, antara pernyataan dan alasan tidak memiliki hubungan, meskipun membicarakan hal yang sama, yaitu kerumunan. Poin pada pernyataan lebih menitikberatkan pada dasar terbentuknya kerumunan, sedangkan poin pada alasan menitikberatkan pada identitas individu dalam sebuah kerumunan. Ciri-Ciri Kerumunan : bersifat sementara dan relatif spontan tidak selalu memiliki tujuan bersama interaksi sosial tidak terfokus tidak mengarah pada pembentukan masyarakat

Kerumunan merupakan suatu bentuk kelompok semu karena tidak memiliki struktur organisasi yang jelas dan terbentuk dengan tidak sengaja (spontan). Selain itu kerumunan terbentuk karena individu memiliki perhatian yang sama terkait hal tertentu, meskipun hal tersebut terjadi secara spontan. Misalnya, kerumunan orang mengantri tiket, kerumunan orang yang sedang menonton bioskop ataupun kerumunan orang yang sedang melihat kecelakaan lalu lintas.

Poin pada alasan juga benar, karena salah satu ciri-ciri kerumunan adalah kedudukan setiap individu yang terlibat tidak berbeda dan tidak terorganisir. Akan tetapi, antara pernyataan dan alasan tidak memiliki hubungan, meskipun membicarakan hal yang sama, yaitu kerumunan. Poin pada pernyataan lebih menitikberatkan pada dasar terbentuknya kerumunan, sedangkan poin pada alasan menitikberatkan pada identitas individu dalam sebuah kerumunan.

Ciri-Ciri Kerumunan :

  • bersifat sementara dan relatif spontan
  • tidak selalu memiliki tujuan bersama
  • interaksi sosial tidak terfokus
  • tidak mengarah pada pembentukan masyarakat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut Ferdinand Tonnies bahwa kehidupan bersama pada patembayan dicirikan bersifat pamrih dalam hubungan antar-anggota untuk jangka waktu yang pendek dan strukturnya bersifat organis. SEBAB Da...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia