Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masyarakat subsisten pedesaan memiliki kesederhanaan dan kesamaan dalam berpikir serta bertindak. Hal tersebut menunjukkan masyarakat terikat pada solidaritas ….

Masyarakat subsisten pedesaan memiliki kesederhanaan dan kesamaan dalam berpikir serta bertindak. Hal tersebut menunjukkan masyarakat terikat pada solidaritas ….

  1. organik

  2. mekanik

  3. primitif

  4. modern

  5. tradisional

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan solidaritas dalam masyarakat tidak terlepas dari sumbangsih Emile Durkheim yang membagi kelompok sosial di masyarakat menjadi dua, yaitu kelompok solidaritas mekanik dan kelompok solidaritas organik. Solidaritas mekanik merupakan ciri dari masyarakat yang masih sederhana dan belum mengenal pembagian kerja yang cenderung dicontohkan sebagai masyarakat pedesaan . Masyarakat yang menganut solidaritas mekanik mengutamakan persamaan perilaku dan sikap sehingga menciptakan kesadaran kolektif yang mengikat. Di samping itu, solidaritas organik merupakan bentuk solidaritas yang telah mengenal pembagian kerja yang cenderung dicontohkan sebagai masyarakat perkotaan . Masyarakat yang menganut solidaritas organik memiliki ketergantungan unsur-unsur di dalam masyarakat. Ikatan utama yang mempersatukan masyarakat berupa kesepakatan yang terjalin di antara berbagai profesi.

Pembahasan solidaritas dalam masyarakat tidak terlepas dari sumbangsih Emile Durkheim yang membagi kelompok sosial di masyarakat menjadi dua, yaitu kelompok solidaritas mekanik dan kelompok solidaritas organik. Solidaritas mekanik merupakan ciri dari masyarakat yang masih sederhana dan belum mengenal pembagian kerja yang cenderung dicontohkan sebagai masyarakat pedesaan. Masyarakat yang menganut solidaritas mekanik mengutamakan persamaan perilaku dan sikap sehingga menciptakan kesadaran kolektif yang mengikat.
Di samping itu, solidaritas organik merupakan bentuk solidaritas yang telah mengenal pembagian kerja yang cenderung dicontohkan sebagai masyarakat perkotaan. Masyarakat yang menganut solidaritas organik memiliki ketergantungan unsur-unsur di dalam masyarakat. Ikatan utama yang mempersatukan masyarakat berupa kesepakatan yang terjalin di antara berbagai profesi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ikatan dalam solidaritas sosial mekanik yang didasarkan pada kepercayaan dan kesetiakawanan disebut ....

8

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia