Roboguru

Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit merupakan kerajaa...

Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit merupakan kerajaan yang berbasis kemaritiman. Keduanya memanfaatkan jalur laut sebagai jalur perdagangan. Bagaimana implikasi fakta tersebut terhadap kemaritiman Indonesia pada masa kini?undefined 

Jawaban:

Indonesia terletak sangat strategis sehingga dilalui oleh jalur perdagangan dan pelayaran utama dunia. Sejak zaman dahulu, kegiatan pelayaran dan perdagangan melalui jalur laut telah banyak berkembang di Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang banyak melakukan kegiatan perdagangan melalui jalur laut dan kuat dalam pertahanan maritimnya. Keduanya bisa berkembang begitu pesat karena memanfaatkan laut dan lokasinya sebagai jalur perdagangan.

Implikasi fakta tersebut terhadap kemaritiman Indonesia pada masa kini adalah Indonesia harus bisa memanfaatkan dan mengembangkan potensi maritimnya dengan optimal lagi, terlebih dengan lokasinya yang sangat strategis dan bisa membawa dampak positif bagi kegiatan pelayaran dan perdagangan laut. Selain itu, Indonesia juga perlu menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara di sekitarnya, baik yang berada di kawasan Asia Tenggara, Australia, Asia Timur, dan lain-lain. Dengan demikian, Indonesia diharapkan bisa mencapai kejayaan maritim, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved