Roboguru

Jaringan perdagangan selama Hindu-Buddha yang memegang peranan untuk menghubungkan jaringan dagang dan jaringan budaya antar kepulauan Indonesia adalah jaringan….

Pertanyaan

Jaringan perdagangan selama Hindu-Buddha yang memegang peranan untuk menghubungkan jaringan dagang dan jaringan budaya antar kepulauan Indonesia adalah jaringan….space space  

  1. Sumatera-Maluku

  2. Jawa-Maluku

  3. Sumatera-Bali

  4. Bali-Papua

  5. Bali-Jawa

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada masa Hindu-Buddha, Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting mengingat sumber daya yang melimpah dan posisinya yang strategis. Selat Malaka menjadi jalur penting dari pelayaran dan perdagangan karena menjadi gerbang masuknya negara-begara lain ke Indonesia.

Selama masa Hindu-Buddha, jaringan perdagangan dan budaya antarbangsa dan penduduk di pulau Indonesia sendiri juga tumbuh pesat. Jaringan antar pulau di Indonesia terhubung dari Pulau Sumatera hingga Kepulauan Maluku, utamanya karena perdagangan rempah-rempah. Contohnya, Kerajaan Singasari yang membeli rempah di Maluku untuk dijual lagi ke Sumatra dan negara lainnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit merupakan kerajaan yang berbasis kemaritiman. Keduanya memanfaatkan jalur laut sebagai jalur perdagangan. Bagaimana implikasi fakta tersebut terhadap kemaritiman Indon...

Pembahasan Soal:

Indonesia terletak sangat strategis sehingga dilalui oleh jalur perdagangan dan pelayaran utama dunia. Sejak zaman dahulu, kegiatan pelayaran dan perdagangan melalui jalur laut telah banyak berkembang di Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang banyak melakukan kegiatan perdagangan melalui jalur laut dan kuat dalam pertahanan maritimnya. Keduanya bisa berkembang begitu pesat karena memanfaatkan laut dan lokasinya sebagai jalur perdagangan.

Implikasi fakta tersebut terhadap kemaritiman Indonesia pada masa kini adalah Indonesia harus bisa memanfaatkan dan mengembangkan potensi maritimnya dengan optimal lagi, terlebih dengan lokasinya yang sangat strategis dan bisa membawa dampak positif bagi kegiatan pelayaran dan perdagangan laut. Selain itu, Indonesia juga perlu menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara di sekitarnya, baik yang berada di kawasan Asia Tenggara, Australia, Asia Timur, dan lain-lain. Dengan demikian, Indonesia diharapkan bisa mencapai kejayaan maritim, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. 

0

Roboguru

Pada masa kejayaannya Kerajaan Sriwijaya menguasai jalur perdagangan di Selat Malaka. Keunggulan Sriwijaya yang mendukung kondisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya merupakan sebuah kerajaan maritim yang pernah berjaya di Indonesia. Kerajaan ini menguasai jalur perdagangan maritim di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan oleh posisinya yang strategis. Lokasinya yang berada di dekat Selat Malaka menjadi keunggulan bagi Sriwijaya hingga kerajaan ini bisa menjadi pengendali jalur perdagangan dan pelayaran berbagai negara, seperti India, Tiongkok, dan negara-negara Eropa. Pada masa pemerintahannya, Kerajaan Sriwijaya mewajibkan kapal yang lewat di Selat Malaka dan Selat Sunda untuk berhenti dan singgah di pelabuhannya. Hal ini menjadikan pusat kerajaan Sriwijaya menjadi pusat komoditas perdagangan berbagai negara, bahkan memegang kendali atas perdagangan rempah. Keunggulan lokasi Sriwijaya yang sangat strategis ini ditunjang juga oleh kekuatan angkatan lautnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia dimulai pada masa .…

Pembahasan Soal:

Perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia dimulai dengan pelayaran pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Bahkan, Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan bahari karena berkembang dari sektor kelautan dan perdagangan. Wilayah pelayarannya meliputi perairan di Asia Tenggara, Tiongkok, Timur Tengah, hingga Madagaskar. Sehingga, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Selat yang memiliki peranan yang cukup strategis dalam perdagangan pada masa Hindu Buddha adalah….

Pembahasan Soal:

Perdagangan pada masa Hindu-Buddha dilakukan melalui penguasaan jalur laut. Indonesia mempunyai jalur perdagangan penting, khususnya Selat Malaka yang merupakan jalur penting dalam perdagangan dunia. 

Karena letak Indonesia yang strategis, Selat Malaka semakin ramai dan dikunjungi oleh pedagang asing terutama dari India dan Cina.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space space  

0

Roboguru

Kerajaan-kerajaan di Indonesia berperan besar dalam kegiatan perdagangan laut di Indonesia. Salah satunya adalah Kerajaan Samudra Pasai yang berperan dalam kelancaran kegiatan perdagangan di sekitar ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan-kerajaan di Indonesia berperan besar dalam kegiatan transportasi dan perdagangan di Indonesia, seperti Kerajaan Majapahit, Singosari, dan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai merupakan salah satu kerajaan Islam yang berperan dalam kelancaran perdagangan laut di sekitar Selat Malaka. Samudra Pasai menjalin hubungan dagang dengan Tiongkok, Benggala, dan Gujarat. Samudra Pasai juga berperan dalam memperlancar perdagangan laut di Asia Tenggara. Jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved