Roboguru

Kerajaan Samudera Pasai mengalami perkembangan perekonomian yang cukup pesat sebagai akibat dari kondisi ...

Pertanyaan

Kerajaan Samudera Pasai mengalami perkembangan perekonomian yang cukup pesat sebagai akibat dari kondisi ...

  1. Kebijakan ekonomi yang menitikberatkan pada produksi logam mulia

  2. Sebagai kerajaan agraris yang menghasilkan produksi beras melimpah

  3. Letaknya strategis di sekitar Selat Sunda

  4. Memiliki peranan sebagai bandar transit 

  5. Berada di tepi Selat Malaka

Pembahasan Soal:

Kesultanan Samudera Pasai yang berdiri pada abad ke-13 masehi oleh Meurah Silu atau Sultan Malik As-Saleh, secara geografis terletak di Pesisir Utara Pulau Sumatera, dekat Lhokseumawe, Aceh, tak jauh dari Selat Malaka. Selat Malaka merupakan pusat perdagangan rempah penting pada waktu itu, ia adalah tempat terjadinya ragam interaksi sebagai akibat dari ramainya perdagangan di sana. 
Lokasi Samudera Pasai yang berada di dekat Selat Malaka dan wilayah perairan, tentu menjadikan aktivitas perdagangan maritim sebagai pusat roda perekonomian kesultanan. Hal tersebut terbukti ketika pada masa Sultan Mahmud Malik Az-Zahir, berkuasa pada tahun 1349 masehi, membawa Samudera Pasai sebagai pusat aktivitas perdagangan dunia. Beberapa penanda majunya perekonomia waktu itu di antaranya,telah menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran dan lada sebagai komoditas yang digemari dunia, adalah komoditas ekspor utama Samudera Pasai.

Dengan demikian, opsi jawaban paling benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang menyebabkan kerajaan Samudera Pasai banyak dikunjungi oleh para pedagang?

Pembahasan Soal:

Faktor yang menyebabkan kerajaan Samudera Pasai banyak dikunjungi oleh para pedagang, yaitu:

  1. Letaknya strategis, di dekat selat Malaka yang menjadi perlintasan perdagangan internasional, sehingga kemaritiman menjadi berkembang.
  2. Membina hubungan erat dengan India dan China. Buktinya, Ibnu Battuta utusan India diterima baik dan menerima perlindungan Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok.
  3. Adanya hasil bumi rempah-rempah sebagai produk ekspor seperti lada dan kemiri. 
  4. Diperintah oleh penguasa bijaksana yang bersikap ramah dan terbuka. Terlihat dari diterimanya utusan India Ibnu Battuta.space space

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan kerajaan Samudera Pasai banyak dikunjungi oleh para pedagang asing yaitu karena letaknya yang strategis, banyak membina hubungan erat dengan India dan Cina, salah satu daerah penghasil rempah-rempah yang dicari oleh para pedagang asing.space space space

0

Roboguru

Kerajaan Samudra Pasai mengalami perkembangan perekonomian yang cukup pesat sebagai akibat dari kondisi ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Samudera Pasai terletak di pantai utara Aceh, tepatnya di muara Sungai Pasangan (Pasai) yang ada dua kota yaitu Samudera (agak jauh dari laut) dan Pasai (kota pesisir). Masyarakat kedua kota sudah memeluk agama Islam. Samudera Pasai berkembang pesat menjadi pusat perdagangan dan studi Islam karena didatangi banyak pedagang dari India, Benggala, Gujarat, Arab Cina dan daerah sekitarnya. Faktor pendukung perkembangan kerajaan Samudera Pasai berkembang pesat yaitu: Letaknya strategis, di dekat selat Malaka yang menjadi perlintasan perdagangan internasional, sehingga kemaritiman menjadi berkembang. Membina hubungan erat dengan India dan China. Buktinya, Ibnu Battuta utusan India diterima baik dan menerima perlindungan Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok. Adanya hasil bumi rempah-rempah sebagai produk ekspor seperti lada dan kemiri.  Diperintah oleh penguasa bijaksana yang bersikap ramah dan terbuka. 

Dengan demikian, kerajaan Samudra Pasai berkembang dengan pesat karena letaknya yang strategis, kaya akan hasil rempah-rempah,  dan bersifat terbuka terhadap para pedagang yang ingin menjalin kerjasama karena dipimpin oleh raja yang bijaksana.space


 

2

Roboguru

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh Sultan Malik al-Saleh sekitar tahun 1267. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Samudera Pasai beribu kota di Pasai, yang berada di pesisir. Hal ini membuat kerajaan tersebut lebih mengembangkan sektor perdagangan, terlebih lagi dengan posisi yang strategis berdekatan dengan Selat Malaka. Setelah Sultan Malik al-Saleh wafat, posisinya digantikan oleh Sultan Muhammad. Selama pemerintahannya, Pasai telah memiliki hubungan dagang dengan Tiongkok, Gujarat, dan Benggala. Adapun komoditas utama perdagangannya yaitu lada, kapur, barus dan emas. Pada masa berikutnya setelah Sultan Muhammad wafat, posisinya digantikan oleh anaknya Mahmud az-Zahir. Pada masa pemerintahannya Pasai mencapai masa keemasan. Selain itu aktivitas perdagangan di Pasai pun berkembang pesat. Pasai menjelma menjadi pusat perdagangan Internasional yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari Asia, Afrika dan Eropa. Kemajuan perekonomian membawa dampak pada kehidupan sosial masyarakat. Kehidupan sosial di Kerajaan Pasai diatur menurut aturan dan hukum Islam. Sebagai Kerajaan Islam pertama, Pasai juga memiliki kontribusi besar dalam pengembangan dan penyebaran Islam di Nusantara.
Setelah Mahmud Malik az-Zahir wafat, pemerintahan dilanjutkan oleh Ahmad Malik az-Zahir. Namun pada masa pemerintahannya terjadi serangan dari Kerajaan Majapahit, Pasai pun kalah dan rakyatnya tercerai-berai. Namun Kerajaan Samudera Pasai akhirnya bisa bangkit kembali setelah dipimpin oleh Zain al-Abidin Malik az-Zahir. Hingga pada awal abad XVI, terjadi beberapa pemberontakan internal yang mengakibatkan perang saudara. Lalu pada tahun 1524, wilayah Pasai menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.

Dengan demikian, sejarah dari Kerajaan Samudera Pasai dimulai pada tahun 1267 dan berakhir pada 1524. Kerajaan ini bercorak maritim niaga, dan mencapai masa kejayaannya dibawah pemerintahan dari Sultan Mahmud Az-Zahir. Hingga akhirnya runtuh dan menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.

0

Roboguru

Buatlah ulasan mengenai keberadaan mata uang pada gambar terhadap kemajuan perekonomian kerajaan Samudra Pasai!

Pembahasan Soal:

Sebagai bandar dagang yang maju, Samudera Pasai mengeluarkan mata uang sebagai alat pembayaran. Salah satu di antaranya yang terbuat dari emas adalah uang dirham. Uang dirham ini menunjukkan sejarah raja-raja Samudera Pasai. Sebab, di mata uang itu tertera dengan jelas nama-nama raja yang pernah memerintah Kerajaan Islam paling kesohor di Nusantara. Kesultanan Samudera Pasai telah mengakui dirham sebagai alat tukar resmi, baik untuk domestik maupun internasional. Dalam bingkai itu dirham kemudian jadi lambang persatuan Islam. Utamanya sebagai simbol betapa kuatnya Islam di Nusantara. Uang dirham dicetak pertama kali pada masa pemerintahan Sultan Muhammad yang bergelar Malik At-Tahir (1297-1326), tepatnya 1297. Pembuatan dirham secara sengaja mengikuti bangsa Timur Tengah yang menggunakan mata uang sama. Uang dirham pun memiliki berat yang berbeda-beda, sesuai nominalnya. Biasanya ada dirham dengan berat emas sebesar 0,30 gram hingga 0,60 gram. Uang tersebut juga bertuliskan nama sultan yang berkuasa. Lalu, tertulis tahun Hijriyah dengan menggunakan angka arab atau huruf jawi yang memiliki ukuran 6-11 milimeter. Oleh sebab itu, kehadiran uang dirham menunjukkan pengaruh kuat pedangang Arab dan pengaruh perkembangan Islam di kerajaan tersebut.undefined

Dengan demikian, penggunaan mata uang dirham pada kerajaan Samudra Pasai menunjukkan kemajuan dalam bidang perekonomian dan menunjukkan pengaruh kuat pedangang Arab dan pengaruh perkembangan Islam di kerajaan tersebut.undefined

0

Roboguru

Bagaimana posisi dan peran samudra pasai dalam kancah perdagangan di nusantara.

Pembahasan Soal:

Samudra Pasai merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia, perkembangan Samudra Pasai di dorong oleh jalur pelayaran yang melintasi pantai-pantai dari Laut Merah hingga India, Selat Malaka hingga China.

Samudra Pasai berkembang sebagai  pelabuhan, kota dagang, tempat persinggahan para pedagang dari berbagai penjuru dunia. Pusat Kota Samudra Pasai memiliki   pelabuhan dan sebagai kota dagang, banyak dijumpai berbagai komoditas. Komoditas perdagangan lokal di Samudra Pasai adalah tembikar, garam, dan lada.

Tembikar Samudra Pasai dibuat untuk  wadah-wadah menyimpan dan untuk satuan takaran komoditas perdagangan misalnya lada yang laris di pasar internasional.

Dengan demikian Perdagangan Kesultanan Samudra Pasai menjadi bagian dari gerbang perdagangan internasional yang saat itu berpusat di Malaka.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved