Roboguru

Kerajaan pertama yang ada di Indonesia?

Pertanyaan

Kerajaan pertama yang ada di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua dan merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang diperkirakan berdiri sekitar tahun 400-500 Masehi. Kerajaan ini memiliki hubungan perdagangan dengan India, meskipun letak Kerajaan Kutai sendiri tidak terletak di jalur perdagangan Nusantara. Dari hubungan perdagangan dengan India inilah diketahui awal penyebaran pengaruh Hindu. Salah satu bukti bahwa Kerajaan Kutai memiliki hubungan perdagangan dengan India adalah ditemukannya Prasasti Yupa.

Dengan demikian kerajaan pertama di Indonesia adalah kerajaan Kutai, karena sebelum berbentuk kerajaan, sistem pemerintahan di Indonesia adalah dipimpin oleh kepala suku yang biasanya disebut sebagai primus inter pares.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 01 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah nama kerajaan pertama di Indonesia,ada dimana,dan apa nama prasastinya?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai didirikan oleh Maharaja Kudungga sekitar tahun 400 Masehi. Berdasarkan bukti atau prasasti sejarah yang ditemukan, Kerajaan bercorak Hindu ini adalah kerajaan tertua di Nusantara atau Indonesia. Puncak kejayaan Kerajaan Kutai Martapura terjadi pada masa pemerintahan Maharaja Mulawarman pada abad ke-4. Mulawarman adalah raja ke-3 Kutai Martapura, putra Aswawarman sekaligus cucu Kudungga. Kejayaan kerajaan yang terletak di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada era kepemimpinan Maharaja Mulawarman diceritakan dalam prasasti Yupa.

Dengan demikian, kerajaan pertama di Indonesia adalah kerajaan Kutai yang terletak di  tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dengan bukti sejarahnya yaitu ditemukan prasasti Yupa.
 

0

Roboguru

Jelaskan Letak Kerajaan Kutai

Pembahasan Soal:

Kerajan Kutai adalah kerajaan bercorak Hindu-Budha yang tertua di Nusantara. Kerajaan ini terletak di daerah Muarakaman, di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sungai Mahakam adalah sungai yang memiliki beberapa anak sungai yang dimana sungainya bisa dilayari dari Muarakaman dan berhulu ke pantai, posisinya sangat strategis sehingga pada saat itu banyak bangsa dari luar yang singgah ke sungai Mahakam dari sinilah Kerajaan Kutai dapat berhubungan dengan bangsa lain dan masuknya pengaruh Hindu-Budha dari India.

Dengan demikian Kerajaan Kutai terletak di wilayah Muarakaman, di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

0

Roboguru

Kerajaan hindu biasanya memusatkan pemerintahannya dekat dengan sungai kerajaan Kutai di Kalimantan berlokasi di tepi hulu sungai...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai diperkirakan muncul pada abad 5 M atau ± 400 M. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur (dekat kota Tenggarong), tepatnya di hulu sungai Mahakam. Nama Kutai diambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan tersebut.

Dengan demikian, Kerajaan hindu biasanya memusatkan pemerintahannya dekat dengan sungai kerajaan Kutai di Kalimantan berlokasi di tepi hulu sungai Mahakam.

0

Roboguru

Kerajaan Hindu pertama di Nusantara adalah Kerajaan Kutai yang berdiri sekitar abad IV Masehi dan terletak di....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu pertama di Nusantara. Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri di daerah Muarakaman di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sungai Mahakam merupakan sungai yang cukup besar dan memiliki beberapa anak sungai. Daerah di sekitar tempat pertemuan antara Sungai Mahakam dengan anak sungainya diperkirakan merupakan letak Muarakaman dahulu. Sungai Mahakam dapat dilayari dari pantai sampai masuk ke Muarakaman, sehingga baik untuk perdagangan. Menurut Prasasti Yupa, penguasa pertama kerajaan Kutai adalah Kudungga. Mulanya Kudungga adalah penguasa lokal, namun karena adanya pengaruh Hindu, maka struktur pemerintahan berubah menjadi kerajaan.

Perpindahan kekuasaan dilakukan secara turun temurun, sehingga setelah berakhirnya masa kekuasaan Kudungga, anaknya yang bernama Aswawarman-lah yang menduduki kekuasaan. Selanjutnya setelah kekuasaan Aswawarman berakhir, kekuasaan kembali diturunkan kepada cucu Kudungga, yaitu Mulawarman. Pada masa pemerintahan Raja Mulawarman inilah kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya. Kerajaan Kutai juga diperkirakan menjadi tempat singgah jalur perdagangan internasional melewati Selat Makassar, melewati Filipina dan Cina. Sehingga sumber perekonomian kerajaan Kutai berasal dari kegiatan perdagangan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Perhatikan gambar peta berikut! Kerajaan Kutai terdapat di Pulau Kalimantan. Lokasi pusat pemerintahan kerajaan Kutai pada peta tersebut ditandai dengan angka...

Pembahasan Soal:

Kutai adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua berupa prasasti Yupa dan berdiri sekitar abad ke-4. Pusat kerajaan ini terletak di Muara Kaman, yang saat ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut. 

Dengan demikian, Kutai adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara berdiri sekitar abad ke-4. Pusat kerajaan ini terletak di Muara Kaman, yang saat ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved