Kerajaan Banten menyerang kedudukan VOC di Batavia pada 1659 di bawah pimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam serangan tersebut, VOC tidak mampu menghadapi serangan Banteng karena . . . .

Pertanyaan

Kerajaan Banten menyerang kedudukan VOC di Batavia pada 1659 di bawah pimpinan Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam serangan tersebut, VOC tidak mampu menghadapi serangan Banteng karena . . . .

  1. Gubernur jenderal VOC tunduk kepada Sultan Ageng Tirtayasa

  2. VOC fokus memerangi perlawanan Trunojoyo di Mataramundefined 

  3. pasukan militer Banten lebih banyak jumlahnya daripada pasukan VOCundefined 

  4. benteng pertahanan VOC telah dikepung pasukan Banten dari berbagai penjuru

  5. pasukan Banten menerapkan politik devide et impera

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka jawaban yang tepat adalah "C". 

Pembahasan

Pembahasan

Dalam perang melawan VOC, Sultan Ageng Tirtayasa melakukan persiapan dengan melakukan penyatuan wilayah yang ada di bawah kekuasaan Kesultanan Banten yaitu Lampung, Bangka, Silebar, dan Indragiri dalam kesatuan pasukan Surosowan. Dari pihak VOC diadakan pula penyatuan kekuatan dengan menyewa serdadu-serdadu dari Kalasi, Ternate, Bandan, Kejawan, Bali, Makasar, dan Bugis. Penyatuan yang dilakukan VOC karena jumlah serdadu Belanda yang sedikit.

Pada tahun 1657 VOC mengajukan gencatan senjata karena kuatnya pasukan Banten ditambah VOC juga sedang berperang dengan Makasar. Namun gencatan senjata itu ditolak disebabkan isi dari perjanjian merugikan kedua belah pihak. satu tahun kemudian pada 1658 diajukan kembali gencata senjata oleh VOC. Kali ini Sultan Ageng Tirtayasa mengajukan usul adanya perubahan pada dua pasal, pihak VOC menolak usul tersebut dan membuat gencatan senjata batal sehingga perang terus berjalan. Serta Sultan Ageng mengumumkan Perang Sabil.

Perang tersebut berjalan secara terus menerus pada periode Mei 1658 sampai dengan Juli 1659. Dengan adanya perang yang berjalan cukup lama, Sultan Ageng Tirtayasa meminta bantuan kepada seorang ulam dari Makasar yaitu Syeikh Yusuf untuk membantu menjalankan pemerintahan. Kedatangan Syeikh Yusuf bersama dengan 5.000 orang ke Banten.

Pasukan Banten yang melakukan penyerangan ke VOC secara terus menerus membuat kedudukan VOC terdesak sampai mendekati batas kota Batavia. Akhirnya VOC mengajukan gencatan senjata dan pada Juli 1659 ditandatagani perjanjian gencatan senjata.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah "C". 

6rb+

5.0 (4 rating)

Pertanyaan serupa

Raja dari Banten yang gigih menentang VOC adalah ….

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia