Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kerajaan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda berkembang pesat menjadi kerajaan besar yang ramai. Bangsa Portugis di Malaka menganggap hal itu dapat membahayakan kedudukan mereka di Malaka. Jelaskan langkah-langkah yang diambil Kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis?

Kerajaan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda berkembang pesat menjadi kerajaan besar yang ramai. Bangsa Portugis di Malaka menganggap hal itu dapat membahayakan kedudukan mereka di Malaka. Jelaskan langkah-langkah yang diambil Kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

langkah yang dilakukan kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis adalahmenempatkan pasukan pengawas di jalurperdagangan untuk mengamankan wilayah.

langkah yang dilakukan kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis adalah menempatkan pasukan pengawas di jalur perdagangan untuk mengamankan wilayah.

Iklan

Pembahasan

Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yaitu tahun 1607-1639. Dalam usaha melawan Portugis di Malaka, Sultan Iskandar Mudaberusahauntuk melipat gandakan kekuatan pasukannya. Angkatan lautnya di perkuat dengan kapal-kapal besar yang dapat mengangkut 600-800 prajurit. Sementara itu untuk mengamankan wilayahnya yang semakin luas meliputi, Sumatera Timur dan Sumatera Barat.Ditempatkan para pengawas di jalur-jalur perdagangan. Para pengawas itu ditempatkan di pelabuhan-pelabuhan penting seperti di Pariaman. Para pengawas umumnya terdiri dari para panglima perang. Setelah mempersiapkan pasukannya Sultan Iskandar Muda melancarkan serangannya ke Malaka pada tahun 1629. Dengan demikian, langkah yang dilakukan kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis adalahmenempatkan pasukan pengawas di jalurperdagangan untuk mengamankan wilayah.

Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda yaitu tahun 1607-1639. Dalam usaha melawan Portugis di Malaka, Sultan Iskandar Muda berusaha untuk melipat gandakan kekuatan pasukannya. Angkatan lautnya di perkuat dengan kapal-kapal  besar yang dapat mengangkut 600-800 prajurit.

Sementara itu untuk mengamankan wilayahnya yang semakin luas meliputi, Sumatera Timur dan Sumatera Barat. Ditempatkan para pengawas di jalur-jalur perdagangan. Para pengawas itu ditempatkan di pelabuhan-pelabuhan penting seperti di Pariaman. Para pengawas umumnya terdiri dari para panglima perang. Setelah mempersiapkan pasukannya Sultan Iskandar Muda melancarkan serangannya ke Malaka pada tahun 1629.

Dengan demikian, langkah yang dilakukan kerajaan Aceh dalam menghadapi bangsa Portugis adalah menempatkan pasukan pengawas di jalur perdagangan untuk mengamankan wilayah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Kayla Maria Laura Sihaloho

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! Membangun benteng pertahanan di jalur perdagangan Menempatkan pengawas di jalur-jalur perdagangan Menciptakan pasukan yang dilengkapi senjata api dan baju be...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia