Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keputusan Konferensi Yalta pasca-Perang Dunia II pada tahun 1945 adalah .... Lahirnya Pakta Warsawa. Terpisahnya Jerman Barat dan Jerman Timur. Perencanaan konferensi Postdam. Menyerahnya Jerman tanpa syarat.

Keputusan Konferensi Yalta pasca-Perang Dunia II pada tahun 1945 adalah ....

  1. Lahirnya Pakta Warsawa.
  2. Terpisahnya Jerman Barat dan Jerman Timur.
  3. Perencanaan konferensi Postdam.
  4. Menyerahnya Jerman tanpa syarat.
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk soal di atas yaitu D. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut: Konferensi Yalta merupakan pertemuan para pemimpin negara Sekutu dalam Perang Dunia II yang diadakan di Istana Livadia, Kota Yalta, Semenanjung Krimea. Para pemimpin negara yang bertemu yaitu Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan Kepala Negara Uni Soviet Josef Stalin. Pertemuan yang berlangsung pada 4-11 Februari 1945 itu membahas mengenai nasib negara Eropa pascaperang. Beberapa kesepakatan yang dicapai dalam Konferensi Yalta yaitu sebagai berikut: Rencana penyerahan tanpa syarat Jerman. Pendudukan Jerman akan dikuasai Amerika Serikat, lnggris, Prancis, dan Uni Soviet. Rencana konferensi pembentukan PBB di San Fransisco pada 25 April 1945 dan adanya hak veto yang dimiliki ketiga negara tersebut dalam Dewan Keamanan dalam PBB. Rencana Uni Soviet memaklumkan perang terhadap Jepang setelah kekalahan Jerman dengan kompensasi pemberian wilayah Sakhalin Selatan, Kepulauan Kuril, serta pengembalian Port Arthur dan Dairen kepada status semula pada tahun 1904. Sementara itu, jalan kereta api Manchuria akan dikuasai bersama oleh Tiongkok dan Uni Soviet.

Jawaban yang tepat untuk soal di atas yaitu D.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut:

Konferensi Yalta merupakan pertemuan para pemimpin negara Sekutu dalam Perang Dunia II yang diadakan di Istana Livadia, Kota Yalta, Semenanjung Krimea. Para pemimpin negara yang bertemu yaitu Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan Kepala Negara Uni Soviet Josef Stalin. Pertemuan yang berlangsung pada 4-11 Februari 1945 itu membahas mengenai nasib negara Eropa pascaperang. Beberapa kesepakatan yang dicapai dalam Konferensi Yalta yaitu sebagai berikut:

  • Rencana penyerahan tanpa syarat Jerman. Pendudukan Jerman akan dikuasai Amerika Serikat, lnggris, Prancis, dan Uni Soviet.
  • Rencana konferensi pembentukan PBB di San Fransisco pada 25 April 1945 dan adanya hak veto yang dimiliki ketiga negara tersebut dalam Dewan Keamanan dalam PBB.
  • Rencana Uni Soviet memaklumkan perang terhadap Jepang setelah kekalahan Jerman dengan kompensasi pemberian wilayah Sakhalin Selatan, Kepulauan Kuril, serta pengembalian Port Arthur dan Dairen kepada status semula pada tahun 1904. Sementara itu, jalan kereta api Manchuria akan dikuasai bersama oleh Tiongkok dan Uni Soviet.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebab khusus yang mengakibatkan terjadinya PD I adalah …

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia