Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan oleh ...

Kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan oleh ...

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan olehRaja Harsha yang pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha.

kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan oleh Raja Harsha yang pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha.

Iklan

Pembahasan

Lembah Sungai Gangga terletak antara Penggunungan Himalaya dan Penggunungan Windya-Kedna. Sungai itu bermata air di penggunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar seperti Delhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan bermuara di teluk Benggala. Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa Indo Jerman. Mereka datang dari daerah Kauskasus dan menyebar kearah timur. Kebudayaan lembah Sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dengan bangsa Dravida. Kebudayaan campuran itu lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu. Sungai Gangga dianggap sebagai tempat keramat dan suci bagi penganut Hindu India. Air Sungai Gangga dianggap dapat menyucikan diri manusia dan menghapus semua dosanya. Mereka memuja banyak dewa. Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari sistem pemerintahan masyarakat di daerah lembah Sungai Sindhu. Sejak runtuhnya kerajaan Maurya, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan antara kerajaan-kerajaan kecil yang ingin berkuasa. Keadaan ini baru dapat diamankan kembali setelah munculnya Kerajaan Gupta.Selain itu terdapat jugaKerajaan Harsha yang dipimpin oleh Raja Harsha pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha. Di tepi Sungai Gangga banyak dibangun wihara dan stupa, serta dibangun tempat tempat penginapan dan fasilitas kesehatan. Candi-candi yang rusak diperbaiki dan membangun candi-candi baru. Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11M, tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang pernah berkuasa di Harsha. Dengan demikian, kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan olehRaja Harsha yang pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha.

Lembah Sungai Gangga terletak antara Penggunungan Himalaya dan Penggunungan Windya-Kedna. Sungai itu bermata air di penggunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar seperti Delhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan bermuara di teluk Benggala. Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Aria yang termasuk bangsa Indo Jerman. Mereka datang dari daerah Kauskasus dan menyebar kearah timur.

Kebudayaan lembah Sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Aria dengan bangsa Dravida. Kebudayaan campuran itu lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu. Sungai Gangga dianggap sebagai tempat keramat dan suci bagi penganut Hindu India. Air Sungai Gangga dianggap dapat menyucikan diri manusia dan menghapus semua dosanya. Mereka memuja banyak dewa. 

Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari sistem pemerintahan masyarakat di daerah lembah Sungai Sindhu. Sejak runtuhnya kerajaan Maurya, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan antara kerajaan-kerajaan kecil yang ingin berkuasa. Keadaan ini baru dapat diamankan kembali setelah munculnya Kerajaan Gupta. Selain itu terdapat juga Kerajaan Harsha yang dipimpin oleh Raja Harsha pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha.

Di tepi Sungai Gangga banyak dibangun wihara dan stupa, serta dibangun tempat tempat penginapan dan fasilitas kesehatan. Candi-candi yang rusak diperbaiki dan membangun candi-candi baru. Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M, tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang pernah berkuasa di Harsha.

Dengan demikian, kepercayaan lembah sungai Gangga runtuh disebabkan oleh Raja Harsha yang pada awalnya memeluk agama Hindu, tetapi kemudian memeluk agama Buddha.

Latihan Bab

Peradaban Mesopotamia

Peradaban Mesir Kuno

Peradaban Yunani Kuno

Peradaban India Kuno

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

324

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

kepercayaan yang muncul setelah penolakan terhadap sistem kasta adalah ….

62

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia