RoboguruRoboguru
SD

Kementerian Perindustrian mendorong penggunaan teknologi pada pabrik-pabrik dalam negeri. Banyaknya pengembangan kawasan pabrik di beberapa wilayah merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan multinasional. Dampak negatif globalisasi di bidang lingkungan akibat pembangunan wilayah pabrik tersebut adalah...

Pertanyaan

undefined 

Kementerian Perindustrian mendorong penggunaan teknologi pada pabrik-pabrik dalam negeri. Banyaknya pengembangan kawasan pabrik di beberapa wilayah merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan multinasional. Dampak negatif globalisasi di bidang lingkungan akibat pembangunan wilayah pabrik tersebut adalah...undefined 

  1. meningkatkan jumlah lapangan pekerjaanundefined 

  2. menyebabkan perubahan pola perilaku masyarakatundefined 

  3. menyebabkan pencemaran air akibat limbah industriundefined 

  4. menghasilkan banyak barang untuk kebutuhan manusiaundefined 

  5. mengubah mata pencaharian masyarakat dari petani menjadi buruhundefined 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Poin pada soal adalah dampak negatif globalisasi pada lingkungan. 

Dalam kehidupan masyarakat memiliki kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang mengakibatkan perubahan-perubahan sosial masyarakat. Salahnya adalah ditandai dengan adanya globalisasi yang mana merupakan  proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi akan mengakibatkan sistem-sistem masyarakat semakin terbuka mengakibatkan banyaknya masyarakat mudah untuk mengalami pertukaran-pertukaran nilai dan norma yang ada, karena kondisi masyarakat yang terbuka. Dengan hal itu globalisasi disatu sisi memberikan dampak positif dan disisi lain memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah berimbas pada masalah lingkungan, kemajuan-kemajuan yang ada kan juga mempengaruhi perubahan lingkungan secara fisik . Berikut beberapa dampak negatif globalisasi terhadap lingkungan:

  1. Terjadinya penurunan kualitas air permukaan di sekitar daerah-daerah industri.

  2. Konsentrasi bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan penduduk seperti merkuri, timah hitam, pestisida, dsb meningkat tajam dalam kandungan air permukaan dan biota airnya.

  3. Kelangkaan air tawar semakin terasa, khususnya di musim kemarau, sedangkan di musim penghujan cenderung terjadi banjir yang melanda banyak daerah.

  4. Temperatur udara maksimal dan minimal sering berubah-ubah.

  5. Terjadi peningkatan konsentrasi pencemaran udara seperti CO, NO2r SO2, dan debu akibat polusi asap pabrik dan kendaraan bermesin.

  6. Luas hutan semakin sempit akibat tidak terkendalinya perambahan yang disengaja atau oleh bencana kebakaran

  7. Kondisi hara tanah semakin tidak subur, dan lahan pertanian semakin menyempit dan mengalami pencemaran akibat polusi tanah dan polusi air permukaan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

516

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Globalisasi dapat menyebabkan industri kecil yang lemah tidak mampu bersaing dengan industri besar. Dampak tersebut terjadi dalam bidang ....

220

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia