Roboguru
SD

Kelompok sepermainan atau sebaya merupakan salah satu agen sosisaliasi. Tuliskan hal apa saja yang disosialisasikan dari kelompok sepermainan atau sebaya dan apa hambatan serta tantangannya?

Pertanyaan

Kelompok sepermainan atau sebaya merupakan salah satu agen sosisaliasi. Tuliskan hal apa saja yang disosialisasikan dari kelompok sepermainan atau sebaya dan apa hambatan serta tantangannya? 

  1. ... undefined

  2. ... undefined

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Poin pada soal adalah peran sosialisasi dilingkungan pergaulan pada individu.

Sosialisasi pada individu merupakan  usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok. Dalam proses sosialisasi seorang individu bukan hanya didalam lingkungan keluarga melainkan juga lingkungan diluar keluarga yang biasanya disebut sebagai sosialisasi sekunder yang merupakan  lanjutan dari sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok-kelompok selain keluarga dalam masyarakat, seperti sekolah, lingkungan sepermainan, serta kelompok masyarakat lainnya.Sosialisasi ini terjadi karena seorang individu juga membutuhkan interaksi diluar dari lingkungan keluarganya untuk dapat mempelajari nilai dan norma di lingkungkan masyarakat luas, dan juga menjalankan peran-perannya dalam masyarakat. 

Di dalam interaksi sosial dengan kelompok teman sebaya biasanya setiap anggota mulai meniru pola-pola tingkah laku kelompok. Individu mulai mengubah pola perilakunya disesuaikan dengan pola perilaku kelompok tersebut. Hal tersebut bertujuan agar ia tetap diterima oleh kelompoknya. Kelompok teman sebaya menjadi penting dalam sosialisasi karena dalam kelompok seperti ini anak atau remaja dapat mempelajari bagaimana berinteraksi dengan orang lain tanpa pengawasan langsung dari orang tua, guru.  Dalam pross ini individu meulai belajar d nilai-nilai dan norma didalam kehidupan masyarakat secara umum dan mulai mengetahui peran-perannya sebagai anggota masyarakat. 

Hambatan dan tantangan agen sosialisasi teman sebaya yaitu, pergaulan yang kurang baik yang menyebabkan anak kemudian meniru perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma. undefinedspace space space space space 

730

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dalam sebuah permainan, sekelompok anak ada yang berperan sebagai "pemburu" dan ada peran yang "diburu". Selanjutnya ada pihak yang kalah dan ada yang menang. Dalam permainan itu semua pihak bisa mene...

46

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia