Roboguru

Dalam sebuah permainan, sekelompok anak ada yang berperan sebagai "pemburu" dan ada peran yang "diburu". Selanjutnya ada pihak yang kalah dan ada yang menang. Dalam permainan itu semua pihak bisa menerima kemenangan/kekalahan secara sportif. Peran teman bermain dalam pembentukan kepribadian adalah ....

Pertanyaan

Dalam sebuah permainan, sekelompok anak ada yang berperan sebagai "pemburu" dan ada peran yang "diburu". Selanjutnya ada pihak yang kalah dan ada yang menang. Dalam permainan itu semua pihak bisa menerima kemenangan/kekalahan secara sportif. Peran teman bermain dalam pembentukan kepribadian adalah ....

  1. melatih peran-peran sosial dilingkungan keluarga

  2. melatih anak agar mandiri dan berdisiplin tinggi

  3. melatih solidaritas, empati dan sportifitas

  4. menambah wawasan pengetahuan umum

  5. mengembangkan pola berpikir sistematis

Pembahasan Soal:

Bermain bersama teman sebaya adalah salah satu media untuk bersosialisasi. Sebab, di dalam sebuah permainan, banyak sekali norma dan nilai-nilai yang bisa dipelajari oleh sang anak. Dalam konteks permainan “berburu dan diburu” nilai yang bisa diambil adalah solidaritas, empati, dan sportivitas. Solidaritas didapat melalui permainan yang dilakukan secara bersama. Empati dan sportivitas didapat melalui peran-peran yang dijalankan di dalam permainan sekelompok anak dengan menerima kemenangan/kekalahan secara sportif.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam sebuah permainan, sekelompok anak ada yang berperan sebagai "pemburu" dan ada peran yang "diburu". Selanjutnya ada pihak yang kalah dan ada yang menang. Dalam permainan itu semua pihak bisa mene...

Pembahasan Soal:

Bermain bersama teman sebaya adalah salah satu media untuk bersosialisasi. Sebab, di dalam sebuah permainan, banyak sekali norma dan nilai-nilai yang bisa dipelajari oleh sang anak. Dalam konteks permainan “berburu dan diburu” nilai yang bisa diambil adalah solidaritas, empati, dan sportifitas. Solidaritas didapat melalui permainan yang dilakukan secara bersama. Empati dan sportifitas didapat melalui peran-peran yang dijalankan di dalam permainan sekelompok anak dengan menerima kemenangan/kekalahan secara sportif.

0

Roboguru

Seorang anak yang dulunya sangat ceria, kini berubah menjadi pribadi yang lebih pendiam setelah memasuki masa remaja. Banyak dari teman-temannya di sekolah dan di sekitar rumah melakukan perundungan y...

Pembahasan Soal:

Media sosialisasi disebut juga sebagai agen atau sarana sosialisasi. Salah satu media sosialisasi mempengaruhi pembentukan kepribadian individu adalah kelompok bermain atau teman sebaya (peer group). 

Peer group terdiri dari berbagai macam individu dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi dalam proses interaksi. Sebagai media sosialisasi tentunya peer group sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seseorang. Lingkungan peer group yang dipenuhi dengan tindakan penyimpangan dan kekerasan akan membawa dampak negatif bagi individu. 

Misalnya, perundungan terhadap remaja yang kerap terjadi di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal. Kasus perundungan tersebut akan meninggalkan dampak negatif terhadap kondisi psikis korban, sehingga menjadi pribadi yang cenderung pendiam atau rendah diri. 

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Sosialisasi dapat terjadi melalui  berbagai agen sosialisasi. Tuliskan  agen-agen  yang berperan dalam  proses sosialisasi!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah agen-agen yang berperan dalam proses sosialisasi.

Pihak-pihak yang berperan untuk berlangsungnya sosialisasi dinamakan agen sosialisasi. Terdapat berbagai macam agen sosialisasi yaitu :

  1. Keluarga
  2. Sekolah
  3. Teman sepermainan
  4. Lingkungan kerja
  5. Media massa 

0

Roboguru

Kelompok sepermainan atau sebaya merupakan salah satu agen sosisaliasi. Tuliskan hal apa saja yang disosialisasikan dari kelompok sepermainan atau sebaya dan apa hambatan serta tantangannya?

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah peran sosialisasi dilingkungan pergaulan pada individu.

Sosialisasi pada individu merupakan  usaha memasukkan nilai-nilai kebudayaan terhadap individu sehingga individu tersebut menjadi bagian masyarakat. Proses sosialisasi merupakan pendidikan sepanjang hayat melalui pemahaman dan penerimaan individu atas peranannya di dalam suatu kelompok. Dalam proses sosialisasi seorang individu bukan hanya didalam lingkungan keluarga melainkan juga lingkungan diluar keluarga yang biasanya disebut sebagai sosialisasi sekunder yang merupakan  lanjutan dari sosialisasi primer yang memperkenalkan individu ke dalam kelompok-kelompok selain keluarga dalam masyarakat, seperti sekolah, lingkungan sepermainan, serta kelompok masyarakat lainnya.Sosialisasi ini terjadi karena seorang individu juga membutuhkan interaksi diluar dari lingkungan keluarganya untuk dapat mempelajari nilai dan norma di lingkungkan masyarakat luas, dan juga menjalankan peran-perannya dalam masyarakat. 

Di dalam interaksi sosial dengan kelompok teman sebaya biasanya setiap anggota mulai meniru pola-pola tingkah laku kelompok. Individu mulai mengubah pola perilakunya disesuaikan dengan pola perilaku kelompok tersebut. Hal tersebut bertujuan agar ia tetap diterima oleh kelompoknya. Kelompok teman sebaya menjadi penting dalam sosialisasi karena dalam kelompok seperti ini anak atau remaja dapat mempelajari bagaimana berinteraksi dengan orang lain tanpa pengawasan langsung dari orang tua, guru.  Dalam pross ini individu meulai belajar d nilai-nilai dan norma didalam kehidupan masyarakat secara umum dan mulai mengetahui peran-perannya sebagai anggota masyarakat. 

Hambatan dan tantangan agen sosialisasi teman sebaya yaitu, pergaulan yang kurang baik yang menyebabkan anak kemudian meniru perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma. undefinedspace space space space space 

0

Roboguru

Setelah sering bergaul dengan teman-teman sebayanya, Dodi akhir-akhir ini menunjukkan perubahan sikap dan perilaku yang cenderung kurang disukai oleh masyarakat di lingkungannya. Perilaku Dodi tersebu...

Pembahasan Soal:

Sosialisasi sekunder merupakan proses penanaman atau belajar nilai dan norma yang memperkenalkan individu ke dalam lingkungan di luar keluarganya, seperti teman bermain, sekolah dan lingkungan kerja. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa setelah bergaul dengan teman-teman sebayanya, Dodi menunjukkan sikap dan perilaku yang cenderung kurang disukai oleh masyarakatnya sehingga perilaku Dodi tersebut merupakan hasil bentuk sosialisasi sekunder.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu :

  • Partisipatif merupakan pola sosialisasi yang terjadi secara dua arah yaitu anak dan orang tua, sehingga anak mempunyai kebebasan. Selain itu pola ini ditandai dengan pemberian imbalan ketika anak berbuat baik.
  • Represif merupakan pola sosialisasi satu arah dari orang tua saja, ditandai dengan adanya otoriter orang tua dan komunikasi berupa perintah-perintah orang tua.
  • Preventif merupakan jenis pengendalian sosial yang bersifat mencegah perilaku menyimpang.
  • Primer merupakan sosialisasi pada tahap awal kehidupan seseorang sebagai manusia, sosialisasi ini terjadi pada lingkungan keluarga.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved