Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kelompok petani (Gapoktan) di Desa Sukadamai makin maju setelah mendapatkan pemberdayaan dari Dinas Pertanian terkait pengelolaan lahan pertanian dan proses distribusi langsung kepenjual tanpa perantara. Para petani berhasil menjual hasil produksinya kepada pedagang secara langsung sehingga memperoleh laba lebih besar. Kesimpulan yang tepat dari kegiatan pemberdayaan tersebut adalah ...

Kelompok petani (Gapoktan) di Desa Sukadamai makin maju setelah mendapatkan pemberdayaan dari Dinas Pertanian terkait pengelolaan lahan pertanian dan proses distribusi langsung ke penjual tanpa perantara. Para petani berhasil menjual hasil produksinya kepada pedagang secara langsung sehingga memperoleh laba lebih besar. Kesimpulan yang tepat dari kegiatan pemberdayaan tersebut adalah ...

  1. program pemberdayaan diinisiatori oleh kelompok tani 

  2. proses pemberdayaan mempertimbangkan untung rugi

  3. program pemberdayaan berasal dari pemerintah daerah setempat 

  4. pemberdayaan masyarakat memperhatikan kondisi lingkungan setempat 

  5. program pemberdayaan tidak dapat berjalan tanpa kehadiran Dinas Pertanian

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah E. Dalam kesuksesan pemberdayaan diperlukan agen atau perantara , dalam pemberdayaan ada 3 agenyang berperan sebagai penggerak dalam pemberdayaan komunitas, ataubiasa disebut agen pemberdayaan. Antara lain : Pemerintah :pemerintah berperan melalui pemberian bimbingan dan pengarahan secara intensif dan efektif kepada masyarakat. Pihak swasta : merupakan pihak yang menggantikan pemerintah, atau juga bisa sebagaipihak ketiga untuk berkerja sama dalam pemberdayaan masyarakat bisa berupa dana atau wadah dalam pengembangan masyarakat. Masyarakat : merupakan agen yang terdiri dari unsur masyarakat untuk melakukan pemberdayaan, seperti kelompok karang taruna dan kelompok PKK. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwaPemberdayaan kepada kelompok tani di Desa Sukadamai yang dilakukan oleh Pemerintah memberikan dampak yang optimal, sehingga dalam hal ini Dinas Pertanian memiliki peran yang besar atas keberhasilan tersebut. Sehingga dapat disimpulkanbahwa program pemberdayaan tidak dapat berjalan tanpa kehadiran Dinas Pertanian. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Jawaban yang benar adalah E.

Dalam kesuksesan pemberdayaan diperlukan agen atau perantara, dalam pemberdayaan ada 3 agen yang berperan sebagai penggerak dalam pemberdayaan komunitas, atau biasa disebut agen pemberdayaan. Antara lain :

  1. Pemerintah:  pemerintah berperan melalui pemberian bimbingan dan pengarahan secara intensif dan efektif kepada masyarakat.
  2. Pihak swasta : merupakan pihak yang menggantikan pemerintah, atau juga bisa sebagai pihak ketiga untuk berkerja sama dalam pemberdayaan masyarakat bisa berupa dana atau wadah dalam pengembangan masyarakat. 
  3. Masyarakat :  merupakan agen yang terdiri dari unsur masyarakat untuk melakukan pemberdayaan, seperti kelompok karang taruna dan kelompok PKK.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa Pemberdayaan kepada kelompok tani di Desa Sukadamai yang dilakukan oleh Pemerintah memberikan dampak yang optimal, sehingga dalam hal ini Dinas Pertanian memiliki peran yang besar atas keberhasilan tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program pemberdayaan tidak dapat berjalan tanpa kehadiran Dinas Pertanian.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Latihan Bab

Mengenal Konsep Pemberdayaan Komunitas II

Prinsip dan Siklus Pemberdayaan Komunitas

Teori dan Pendekatan dalam Pemberdayaan Komunitas

Strategi Pelaksanaan Pemberdayaan Komunitas

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

813

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemberdayaan komunitas dilakukan pada komunitas petani Rawa Lebak, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Pemberdayaan komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pertanian para ...

270

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia