Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Bentuk interaksi sosial tersebut berdasarkan prosesnya disebut ....

Kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Bentuk interaksi sosial tersebut berdasarkan prosesnya disebut ....

  1. toleransi

  2. kepedulian

  3. akomodasi

  4. kerjasama

  5. solidaritas

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bentuk interaksi sosial berdasarkan prosesnya salah satunya berupa kerja sama, yaitu usaha bersama antarindividu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian termasuk dalam bentuk kerja sama . Kerja sama dalam kasus tersebut terjadi karenaadanya suatu kepentingan yang sama untuk membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Menurut Charles H. Cooley kerja sama timbul apabila seseorang menyadari dirinya mempunyai kepentingan atau tujuan yang sama dengan orang lain. Selain itu, ia menyadari bahwa kepentingan tersebut bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Toleransi merupakan salah satu bentuk akomodasi yang terjadi tanpa adanya persetujuan formal, toleransi timbul secara tidak sadar dan spontan akibat reaksi alamiah individu atau kelompok yang ingin menghindari perselisihan. Kepedulian merupakan bentuk rasa ingin melibatkan dirinya dalam suatu masalah atau beban orang lain. Hal ini bukan termasuk bentuk interaksi sosial. Akomodasi merupakan proses penyelesaian masalah atau konflik. Solidaritas merupakan suatu bentuk persatuan dan kebersamaan dalam suatu kelompok. Solidaritas bukan bentuk interaksi sosial berdasarkan prosesnya.

Bentuk interaksi sosial berdasarkan prosesnya salah satunya berupa kerja sama, yaitu usaha bersama antarindividu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Berdasarkan soal menjelaskan bahwa kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian termasuk dalam bentuk kerja sama. Kerja sama dalam kasus tersebut terjadi karena adanya suatu kepentingan yang sama untuk membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Menurut Charles H. Cooley kerja sama timbul apabila seseorang menyadari dirinya mempunyai kepentingan atau tujuan yang sama dengan orang lain. Selain itu, ia menyadari bahwa kepentingan tersebut bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Toleransi merupakan salah satu bentuk akomodasi yang terjadi tanpa adanya persetujuan formal, toleransi timbul secara tidak sadar dan spontan akibat reaksi alamiah individu atau kelompok yang ingin menghindari perselisihan.
  • Kepedulian merupakan bentuk rasa ingin melibatkan dirinya dalam suatu masalah atau beban orang lain. Hal ini bukan termasuk bentuk interaksi sosial.
  • Akomodasi merupakan proses penyelesaian masalah atau konflik.
  • Solidaritas merupakan suatu bentuk persatuan dan kebersamaan dalam suatu kelompok. Solidaritas bukan bentuk interaksi sosial berdasarkan prosesnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang yang berbeda mau membantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini m...

3

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia