Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang berbeda mau membantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini merupakan pola interaksi berbentuk....

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang berbeda mau membantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini merupakan pola interaksi berbentuk....
 

  1. kooperatif
     

  2. asimilasi
     

  3. akulturasi
     

  4. mediasi
     

  5. bargaining

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bentuk interaksi asosiatif di antaranya: • Kerja sama atau kooperatif adalah suatu usaha bersama antarindividu ataupun kelompok untuk mencapai kepentingan dan tujuan yang serupa, serta menyadarinya bermanfaat untuk dirinya atau orang lain. • Asimilasi adalah usaha-usaha untuk meredakan perbedaan antarindividu atau antarkelompok guna mencapai satu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan-tujuan bersama. • Akulturasi adalah proses penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kultur suatu kelompok, tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaan asli. • Akomodasi merupakan upaya dalam menyelesaikan suatu pertentangan atau konflik social. • Bargaining atau tawar-menawar. Bargaining merupakan salah satu bentuk dari kerja sama dengan melakukan perjanjian mengenai pertukaran jasa dan barang antara dua orang / organisasi/ atau lebih. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kelompok masyarakat yang berbeda latar belakang sosialnya membantu meringankan beban korban di pengungsian merupakan contoh dari kerja sama atau kooperatif (cooperation).

Bentuk interaksi asosiatif di antaranya:
•    Kerja sama atau kooperatif adalah suatu usaha bersama antarindividu ataupun kelompok untuk mencapai kepentingan dan tujuan yang serupa, serta menyadarinya bermanfaat untuk dirinya atau orang lain.
•    Asimilasi adalah usaha-usaha untuk meredakan perbedaan antarindividu atau antarkelompok guna mencapai satu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan-tujuan bersama.
•    Akulturasi adalah proses penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan asing menjadi bagian dari kultur suatu kelompok, tanpa menghilangkan kepribadian kebudayaan asli.
•    Akomodasi merupakan upaya dalam menyelesaikan suatu pertentangan atau konflik social.
•    Bargaining atau tawar-menawar. Bargaining merupakan salah satu bentuk dari kerja sama dengan melakukan perjanjian mengenai pertukaran jasa dan barang antara dua orang / organisasi/ atau lebih.
Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kelompok masyarakat yang berbeda latar belakang sosialnya membantu meringankan beban korban di pengungsian merupakan contoh dari kerja sama atau kooperatif (cooperation).

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Abidah Ardiliyah

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kelompok kerabat ikut membantu keluarganya yang sedang mendapat musibah kematian. Bentuk interaksi sosial tersebut berdasarkan prosesnya disebut ....

23

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia