Roboguru

Kelenjar yang dapat menghasilkan hormon insulin yaitu ...

Pertanyaan

Kelenjar yang dapat menghasilkan hormon insulin yaitu ...space space

  1. Paratiroidspace space

  2. Adrenalspace space

  3. Pangkreasspace space

  4. Gonadspace space

  5. Tiroidspace space

Pembahasan Soal:

Salah satu kelenjar pada sistem endokrin adalah kelenjar pankreas. Kelenjar pankreas atau lebih tepatnya pulau Langerhans. Kelenjar ini menghasilkan dua hormon yaitu insulin dan glukagon. Insulin berfungsi mengubah glukosa menjadi glikogen. Sebaliknya glukagon mengubah glikogen menjadi glukosa.
Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah Cspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada saat otot berkontrasi, salah satu tahap yang terjadi adalah ...

Pembahasan Soal:

1. Zona H, yaitu jarak antara aktin satu dengan aktin lainnya (pada saat kontraksi, zona H akan memendek atau menghilang)
2. Zona A atau pita A, merupakan panjangnya myosin 
3. Zona I atau pita I, merupakan jarak antara myosin dengan myosin lainnya (pada saat kontraksi, zona I atau pita I akan memendek)
4. Zona Z, merupakan jarak garis Z satu ke garis Z berikutnya (pada saat kontraksi, zona Z ini akan memendek)
Ketika berkontraksi, sel otot dapat memendek karena ada pemendekan dari zona-zona atau pita-pita di dalam sarkomer meliputi zona Z, zona H dan pita I.

0

Roboguru

Seorang anak sedang berlatih mempersiapkan turnamen lari jarak jauh tingkat Nasional. Ditengah latihannya ia merasakan kram pada kakinya. Diagnosis yang tepat untuk kasus diatas adalah….

Pembahasan Soal:

Apabila otot berkontraksi secara terus menerus misalnya pada saat olahraga akan dapat membentuk asam laktat yang dapat menyebabkan timbulnya rasa lelah. Asam laktat merupakan produk yang dapat dihasilkan dari hasil pemecahan glukosa yang terjadi pada kondisi anaerob (tidak membutuhkan oksigen). Pada kasus yang dialami anak tersebut, pasokan oksigen ke arah kaki berkurang sehingga sel-sel kaki akan melakukan respirasi secara aerob dan menyebabkan terjadinya penumpukan asam laktat dan menimbulkan rasa pegal pada kaki. Dengan  demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Bagaimana perubahan proses kimiawi pada saat otot berkontraksi? Tulislah reaksi kimianya!

Pembahasan Soal:

Berikut merupakan reaksi kimia kontraksi otot.

begin mathsize 14px style Aktin and Miosin yields with space space space ATPase space space space space below with ATP yields ADP and P on top aktomiosin end style

Kontraksi otot dipicu oleh sinyal otak. Energi dari makanan yang dikonsumsi merupakan penyebab timbulnya kontraksi otot. Sistem saraf memberikan potensial aksi sebagai sinyal ke dalam sel-sel otot. Asetilkolin merespon sinyal dengan menimbulkan reaksi kimia. Reaksi ini menghasilkan kalsium dalam otot dan mengaktifkan kerja dari senyawa aktin dan miosin. Kinerja ini yang kemudian menimbulkan pemendekan atau penegangan pada otot.undefined 

0

Roboguru

Sebagai alat gerak aktif otot memiliki kemampuan yaitu kontraksibilitas, ekstensibilitas, dan elastisitas. Bagaimana mekanisme kontraksibilitas?

Pembahasan Soal:

Otot mempunyai beberapa kemampuan spesifik, yaitu kemampuan untuk memendek (kontraksibilitas), kemampuan untuk memanjang (ekstensibilitas), dan kemampuan untuk kembali ke ukuran semula (elastisitas). Mekanisme kontraksibilitas adalah memendeknya ukuran otot akibat geseran molekul aktin dan miosin yang memerlukan energi dari pemecahan ATP. Pada sifat ini otot akan memendek dari ukuran semula sehingga tulang berubah posisi. Ketika otot memendek, otot tersebut berkontraksi. Otot-otot yang menempel pada tulang akan menarik tulang tersebut.space 

0

Roboguru

Tahapan mekanisme kerja otot secara berurutan adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Impuls saraf tiba di neuromuscular junction, mengakibatkan pembebasan asetilkolin. Kehadiran asetilkolin memicu depolarisasi (perubahan muatan ion di dalam sel dari negatif menjadi positif) yang kemudian menyebabkan pembebasan ion Ca2+ dari retikulum sarkoplasma. Proses kontraksi otot dapat berlangsung selama terdapat ATP dan ion Ca2+. Pada saat impuls berhenti, ion Ca2+ akan kembali ke retikulum sarkoplasma. Troponin akan kembali ke kondisi semula dan menutupi daerah tropomiosin sehingga menyebabkan otot berelaksasi.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved