RoboguruRoboguru
SD

Kehidupan manusia praaksara terus mengalami perkembangan, ditandai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia praaksara pada Masa Paleolitikum dan Neolitikum. Selain itu, tuliskan masing-masing lima contoh hasil kebudayaan pada masa itu ....

Pertanyaan

Kehidupan manusia praaksara terus mengalami perkembangan, ditandai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya. Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia praaksara pada Masa Paleolitikum dan Neolitikum. Selain itu, tuliskan masing-masing lima contoh hasil kebudayaan pada masa itu .... 

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

karakteristik antara Masa Paleolitikum dan Neolitikum memiliki perbedaan. Seperti pada Masa Paleolitikum corak kehidupannya adalah food gathering, pola huniannya nomaden, dan peninggalannya seperti kapak perimbas, kapak genggam, alat serpih serta alat dari binatang. Sedangkan pada Masa Neolitikum corak kehidupannya adalah food producing, pola huniannya sedenter, dan peninggalannya berupa mata panah, mata tombak, perhiasan, alat pemukul kayu, dan tembikar.

Pembahasan

Pembabakan zaman yang didasarkan pada arkeologis adalah babakan zaman yang didasarkan pada temuan perkakas atau benda peninggalan kebudayaan manusia. Pembagian zaman berdasarkan arkeologis terbagi menjadi dua zaman besar, yakni Zaman Batu dan Logam. Adapun babakan pada Zaman Batu terdiri dari Masa Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum dan Megalitikum. 

Setiap masa pada Zaman Batu, tentu memiliki karakteristik dan ciri-cirinya sendiri yang membedakannya dengan masa yang lain. Perbedaan tersebut misalkan nampak pada Masa Paleolitikum dan Neolitikum. 

Masa Paleolitikum sebagai permulaan masa di Zaman Batu, memiliki kehidupan yang sederhana, termasuk dalam hal perkakas kehidupan dari batu yang masih sederhana. Selain itu, ciri kehidupan lain di masa ini adalah corak kehidupannya yang masih mengandalkan dari alam (food gathering), sehingga pola huniannya adalah nomaden atau berpindah tempat sebab mengikuti ketersediaan makanan yang ada di alam. Beberapa peratalan kebudayaan di masa ini diantaranya adalah kapak perimbas, kapak genggam, flakes, alat serpih, dan alat dari binatang.

Sementara itu di Masa Neolitikum, terjadi perubahan dari yang sebelumnya kehidupan begitu sederhana, kemudian berkembang. Misalnya nampak pada corak perburuan yang tidak lagi mengandalkan dari alam tetapi juga telah mengolah dari alam (food producing) dengan pola hunian yang  sedenter atau menetap. Peralatan batu yang digunakan di masa ini telah diperhalus dan dibentuk sesuai dengan fungsinya. Beberapa peralatan di masa ini adalah mata panah, mata tombak, perhiasan, alat pemukul kulit kayu, pakaian dari kayu, dan tembikar.

Jadi, karakteristik antara Masa Paleolitikum dan Neolitikum memiliki perbedaan. Seperti pada Masa Paleolitikum corak kehidupannya adalah food gathering, pola huniannya nomaden, dan peninggalannya seperti kapak perimbas, kapak genggam, alat serpih serta alat dari binatang. Sedangkan pada Masa Neolitikum corak kehidupannya adalah food producing, pola huniannya sedenter, dan peninggalannya berupa mata panah, mata tombak, perhiasan, alat pemukul kayu, dan tembikar.

115

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan keterangan berikut! Terjadi pada 1500 sebelum Masehi. Perkakas dari batu sudah dihaluskan. Manusia mulai memproduksi makanan. Manusia hidup secara menetap. Keterangan tersebut menun...

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia