RoboguruRoboguru
SD

Kehadiran bencana masih disikapi secara berbeda. Sebagian kalangan menghubungkan hal ini dengan keadaan di luar alam. Contohnya bencana terjadi karena dosa manusia dan menafsirkan bencana sebagai hukuman atau teguran dari Tuhan. Sebagian pihak berpijak pada pengetahuan rasional dan menanggapinya sebagai fenomena alam biasa. Perbedaan cara menyikapi bencana tersebut terjadi perhatian kita agar tidak berujung pada tindakan berbenturan.     Spiritualitas dan rasionalitas dalam menyikapi bencana sangat penting. Spiritualitas menjadi sumber kekuatan manusia untuk menghadapi tantangan hidup.     Spiritualitas akan mendorong kita pada tindakan memulihkan kehidupan, bukan menghancurkan. Sementara itu, rasionalitas diperlukan karena manusia dibekali akal budi sebagai makhluk pengelola bumi. Dengan dua bekal utama itu semestinya tidak perlu terjadi benturan pemahaman untuk satu tujuan yang sama baik. Disadur dari: https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/134235/ menyikapi-bencana-secara-cepat, diunduh 26 Februari 2019 Buatlah simpulan teks editorial tersebut!

Pertanyaan

    Kehadiran bencana masih disikapi secara berbeda. Sebagian kalangan menghubungkan hal ini dengan keadaan di luar alam. Contohnya bencana terjadi karena dosa manusia dan menafsirkan bencana sebagai hukuman atau teguran dari Tuhan. Sebagian pihak berpijak pada pengetahuan rasional dan menanggapinya sebagai fenomena alam biasa. Perbedaan cara menyikapi bencana tersebut terjadi perhatian kita agar tidak berujung pada tindakan berbenturan.
    Spiritualitas dan rasionalitas dalam menyikapi bencana sangat penting. Spiritualitas menjadi sumber kekuatan manusia untuk menghadapi tantangan hidup.
    Spiritualitas akan mendorong kita pada tindakan memulihkan kehidupan, bukan menghancurkan. Sementara itu, rasionalitas diperlukan karena manusia dibekali akal budi sebagai makhluk pengelola bumi. Dengan dua bekal utama itu semestinya tidak perlu terjadi benturan pemahaman untuk satu tujuan yang sama baik.

Disadur dari: https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/134235/ menyikapi-bencana-secara-cepat, diunduh 26 Februari 2019


Buatlah simpulan teks editorial tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks editorial adalah suatu tulisan opini atau pendapat yang ditulis oleh penulis sebuah media terhadap isu atau peristiwa aktual yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.

simpulan teks editorial di atas yaitu Kehadiran bencana disikapi secara berbeda. Ada yang berpandangan secara spiritualitas dan ada pula yang berpandangan secara rasionalitas.undefined 

128

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

lsi kutipan di atas yaitu ....

47

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia