Roboguru

Kegiatan ekonomi pada masa Paleolitikum ditandai dengan...

Pertanyaan

Kegiatan ekonomi pada masa Paleolitikum ditandai dengan...

  1. Bertani 

  2. Berdagang 

  3. Berladang 

  4. Berburu 

  5. Beternak 

Pembahasan Soal:

Kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Paleolithikum ditandai dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Biasanya hewan-hewan yang diburu antara lain rusa, kuda, babi hutan, kijang, kerbau, kera, gajah, dan kuda nil. Karena berburu menjadi sarana utama untuk bertahan hidup, maka kehidupan manusia purba pada masa Paleolithikum ini bersifat nomaden, atau berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti gerak binatang buruan serta sumber air. Manusia purba pada masa ini hidup dalam kelompok-kelompok kecil. Adapun hasil kebudayaan masyarakat pada masa Paleolithikum meliputi kapak genggam dan perkakas dari tulang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 28 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu ciri kehidupan masa paleolithikum adalah food gathering, hal ini disebabkan karena ….

Pembahasan Soal:

Paleolithikum merupakan zaman batu tua dan berlangsung sekitar 600.000 tahun lalu. Pada zaman ini, kehidupan manusia purba belum dapat memproduksi makanannya sendiri atau food gathering sehingga hidup dengan berpindah-pindah atau belum menetap (nomaden).  Food gathering adalah kegiatan untuk mengumpulkan makanan, meramu, serta berburu. Hal ini dikarenakan manusia pendukung peradaban paleolithikum belum mampu memproduksi makanannya sendiri, baik melalui bercocok tanam maupun beternak. Hasil kebudayaan paleolithikum adalah kapak genggam, kapak perimbas, serta flakes. Peralatan-peralatan tersebut masih dibuat secara sederhana dan kasar.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

3

Roboguru

Jelaskan ciri-ciri kehidupan manusia serta kebudayaan yang menjadi ciri khas dari zaman paleolithikum ...

Pembahasan Soal:

Paleolitikum adalah masa zaman tertua yang terjadi sekitar 600.000 tahun lalu. Ciri-ciri kehidupan manusia pada zaman Paleolitikum, yakni:

  1. hidup berpindah-pindah (Nomaden),
  2. corak kehidupannya berburu dan meramu (Food Gathering), dan
  3. menangkap ikan.

Berdasarkan daerah penemuannya maka alat-alat kebudayaan Paleolitikum tersebut dapat dikelompokan menjadi kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong.

  1. Kebudayaan Pacitan. Pada tahun 1935, von Koenigswald menemukan alat batu dan kapak genggam di daerah Pacitan. Kapak genggam itu berbentuk kapak tetapi tidak bertangkai. Kapak ini masih dikerjakan dengan sangat kasar dan belum dihaluskan. Para ahli menyebutkan bahwa kapak itu adalah kapak penetak. Selain di Pacitan, alat-alat banyak ditemukan di Progo dan Gombong (Jawa Tengah), Sukabumi (Jawa Barat), dan Lahat (Sumatera Utara)
  2. Kebudayaan Ngandong. Pada kebudayaan ini para ahli berhasil menemukan alat-alat dari tulang, flakes, alat penusuk dari tanduk rusa dan ujung tombak bergigi di daerah Ngandong dan Sidoarjo. Selain itu, di dekat Sangiran ditemukan alat sangat kecil dari batuan yang amat indah. Alat ini dinamakan Serbih Pilah dan banyak ditemukan di Cabbenge (Sulawesi Selatan) yang terbuat dari batu-batu indah seperti kalsedon. Kebudayaan Ngandong juga didukung oleh penemuan lukisan pada dinding goa seperti lukisan tapak tangan berwarna merah dan babi hutan ditemukan di Goa Leang Pattae (Sulawesi Selatan)

Dengan demikian ciri-ciri kehidupan manusia pada zaman Paleolitikum, yakni hidupnya nomaden, corak kehidupannya food gathering, dan juga menangkap ikan. Berdasarkan hasil penemuannya, kebudayaan pada zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu kebudayaan Pacitan dan kebudayaan Ngandong.

0

Roboguru

Perubahan pola kehidupan masyarakat dari berburu dan mengumpulkan makanan pada Masa Paleolitikum menuju kehidupan memproduksi makanan dan sedenter pada Masa Neolitikum disebut sebagai ...

Pembahasan Soal:

Pembabakan kehidupan manusia pada Masa Praaksara dapat dilihat berdasarkan temuan tinggalan peralatan kebudayaanya untuk melihat bagaimana perkembangan mereka dalam memenuhi hidupnya. Berdasarkan itu, periodisasi kehidupan Manusia Praaksara dapat diketahui mulai dari Masa Paleolitikum, Mesolitikum dan Neolitikum. 
Pada Masa Paleolitikum kehidupan manusia masih sangat sederhana. Penggunaan perkakas masih dari bebatuan yang tidak dilakukan proses penghalusan dan untuk memenuhi kebutuhan makanannya dilakukan kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan dari apa yang disediakan oleh alam (food gathering). Oleh karena bergantung pada alam maka praktis masih berpindah-pindah tempat tinggal (nomaden). Sama halnya dengan Masa Paleolitikum, corak kehidupan manusia pada Masa Mesolitikum masih mengandalkan dari alam food producing meskipun cakupan daerah buruannya sudah meluas hingga ke tepian pantai. 
Sementara pada masa Neolitikum, kehidupan manusia sudah mulai berkembang dan mengalami revolusi sehingga dikenal Revolusi Neolitik, yakni transisi budaya manusia dari gaya hidup mengandalkan dari alam dengan kegiatan berburu (food gathering) ke bercocok tanam dan memelihara kehidupan hewan (food producing). Revolusi kehidupan ini membawa dampak-dampak lain seperti kebutuhan tempat tinggal yang menetap (sedenter) dan ragam peralatan hidup dari batu yang memiliki fungsi seperti gerabah yang digunakan sebagai tempat pemyimpanan makanan atau mata panah dari batu kecil yang dihaluskan. 

Dengan demikian, opsi jawaban benar adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan ciri utama kehidupan manusia pada zaman batu !

Pembahasan Soal:

Zaman Batu adalah zaman dimana manusia yang hidup di zaman tersebut menggunakan batu sebagai media untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Zaman Batu adalah masa zaman prasejarah yang luas, ketika manusia menciptakan alat dari batu. Zaman batu juga bisa disebut zaman sebelum manusia mengenal logam sehingga menggunakan batu sebagai bahan utama untuk membuat peralatan.  Kayu, tulang, dan bahan lain juga digunakan, tetapi batu dibentuk untuk dimanfaatkan sebagai alat memotong dan senjata. Istilah ini berasal sistem tiga zaman. Zaman Batu sekarang dipilah lagi menjadi masa Paleolitikum, Mesolitikum, Megalitikum dan Neolitikum.space

Dengan demikian, ciri utama kehidupan manusia pada zaman batu adalah menggunakan batu sebagai bahan utama untuk membuat peralatan sebagai media untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya.space

0

Roboguru

Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut, zaman yang dimaksud adalah ....

Pembahasan Soal:

Zaman yang berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu disebut juga zaman batu tua. Zaman batu tua bertepatan dengan zaman Neozoikum terutama pada akhir zaman Tersier dan awal zaman Kuarter. Zaman tersebut disebut penting karena berhubungan dengan kemunculan kehidupan baru, yaitu manusia purba. Dan disebut zaman batu tua karena kebudayaan yang dihasilkan terbuat dari batu yang masih kasar dan sederhana.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved