Roboguru

Kegiatan ekonomi kerajaan Kutai meliputi peternakan, pertanian, dan ...

Pertanyaan

Kegiatan ekonomi kerajaan Kutai meliputi peternakan, pertanian, dan ...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Perekonomian kerajaan Kutai sangat bergantung dengan keberadaan Sungai Mahakam. Berdasarkan bukti yang ditemukan dapat diketahui bahwa perekonomian Kerajaan Kutai terletak di sektor perdagangan, pertanian, dan peternakan. Kerjaan Kutai sangat terkenal dengan hasil hutannya seperti getah kayu meranti, dammar, gaharu, rotan, batu permata, dan bulu-bulu burung yang indah. Komoditas tersebut diperdagangkan keluar melalui pelayaran di sepanjang Sungai Mahakam. Keberadaan 20.000 lembu yang digunakan oleh Raja Mulawarman untuk para brahmana yang tercantum dalam prasasti Yupa menunjukkan tentang adanya usaha peternakan yang dilakukan oleh masyarakat Kutai.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi kerajaan Kutai meliputi peternakan, pertanian, dan perdagangan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan pertama yang ada di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua dan merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang diperkirakan berdiri sekitar tahun 400-500 Masehi. Kerajaan ini memiliki hubungan perdagangan dengan India, meskipun letak Kerajaan Kutai sendiri tidak terletak di jalur perdagangan Nusantara. Dari hubungan perdagangan dengan India inilah diketahui awal penyebaran pengaruh Hindu. Salah satu bukti bahwa Kerajaan Kutai memiliki hubungan perdagangan dengan India adalah ditemukannya Prasasti Yupa.

Dengan demikian kerajaan pertama di Indonesia adalah kerajaan Kutai, karena sebelum berbentuk kerajaan, sistem pemerintahan di Indonesia adalah dipimpin oleh kepala suku yang biasanya disebut sebagai primus inter pares.

0

Roboguru

Raja Mulawarman memberikan.. . ekor sapi kepada ...

Pembahasan Soal:

Isi Prasasti Kutai IV :

srimato nrpamukhyasya

rajnah sri-mulawarmmanah

danam punyatame ksetre

yad dattam vaprakesvare

dvijatibhyo' gnikalpebhyah.

vinsatir ggosahasrikam

tansya punyasya yupo 'yam

krto viprair ihagataih.

Artı Prasasti Kutai IV :

Sang Mulawarman, raja yang mulia dan terkemuka, telah memberi sedekah 20.000 ekor sapi kepada para brahmana yang seperti api, (bertempat) di dalam tanah yang suci (bernama) Waprakeswara. Buat (peringatan) akan kebaikan budi sang raja itu, tugu ini telah dibuat oleh para Brahmana yang datang ke tempat ini.

Dengan demikian, Raja Mulawarman memberikan 20.000 ekor sapi kepada para brahmana.

0

Roboguru

Bagaimana sistem pemerintahan Kerajaan Kutai?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-4 M. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan prasasti Yupa yang ditulis menggunakan huruf pallawa dan berbahasa sanskerta. Prasasti Yupa juga menjelaskan sistem pemerintahan Kerajaan Kutai secara singkat. Kerajaan Kutai pertama kali dipimpin oleh Kudungga yang selanjutnya digantikan oleh puteranya yang bernama Aswawarma dan selanjutnya digantikan oleh Mulawarman. Prasasti Yupa juga mencatat kurban 20.000 sapi yang dilakukan oleh raja Mulawarman untuk para brahmana. 

Dengan demikian, sistem pemerintahan Kerajaan Kutai bersifat kerajaan yang dipimpin oleh Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman secara berurutan.

0

Roboguru

Mengapa Aswawarman mendapat gelar wangsakerta, sedangkan raja pertama kali adalah Kudungga?

Pembahasan Soal:

Dalam parasasti Yupa disebutkannya bahwa kakek Mulawarman bernama Kudungga. Kudungga berarti penguasa lokal yang setelah terkena pengaruh Hindu-Buddha daerahnya berubah menjadi kerajaan. Walaupun sudah mendapat pengaruh Hindu-Buddha namanya tetap Kudungga, berbeda dengan puteranya yang bernama Aswawarman dan cucunya yang bernama Mulawarman. Oleh karena sudah mendapat pengaruh penuh dari kebudayaan Hindu-Buddha maka Aswawarman dianggap sebagai wangsakerta. Dengan demikian, gelar wangsakerta atau pendiri wangsa didapat karena sudah mendapat pengaruh penuh kebudayaan Hindu-Buddha.

0

Roboguru

Mengapa Kerajaan Kutai bisa menjadi sebuah kerajaan yang maju dan makmur ?

Pembahasan Soal:

Di bawah Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan. Di mana wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur.  Rakyat pada masa pemerintahan Raja Mulawarman hidup sejahtera dan makmur.  Dengan letak yang berada di jalur perdagangan India (di barat) dan Cina (di Timur), banyak pengaruh dari luar yang masuk ke kerajaan Kutai. Ini dibuktikan dengan ditemukannya benda-benda dari kedua wilayah tersebut. Barang-barang seperti keramik, arca dewa Trimurti, serta arca Ganesha, kemungkinan merupakan bagian dari perlengkapan upacara keagamaan selain untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, jawabannya adalah karena letak Kerajaan Kutai yang sangat strategis.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved