Roboguru

Keempat kalimat di atas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…

Pertanyaan

Keempat kalimat di atas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…space 

  1. 3 – 2 – 4 – 1space 

  2. 2 – 3 – 1 – 4space 

  3. 4 – 2 – 3 – 1space 

  4. 1 – 4 – 3 – 2space 

  5. 2 – 4 – 3 – 1space 

Pembahasan Soal:

Terdapat empat kalimat yang acak pada teks di atas. Untuk mempermudah dalam mengurutkan teks, kita harus mencari gagasan utama yang ada pada kalimat utamanya dahulu. Kalimat utama teks itu terdapat pada kalimat yang bernomor (3). Selanjutnya, kita cari kalimat penjelas yang mendukung pernyataan nomor (3) tadi. Sehingga, keempat kalimat di atas jika disusun menjadi sebagai berikut.

  1. (3) Ada orang yang memiliki etos kerja yang baik dan ada pula yang kurang baik.
  2. (2) Seseorang yang memiliki etos kerja yang baik selalu mempunyai kemauan yang kuat untuk menghasilkan yang terbaik dalam pekerjaannya.
  3. (4) Sebaliknya, orang yang memiliki etos kerja yang kurang baik selalu mempunyai keinginan untuk mencari jalan termudah dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
  4. (1) Budaya jalan pintas adalah manifestasi etos kerja yang kurang baik.

Sehingga, urutan kalimat yang tepat adalah 3-2-4-1.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adaalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tahap-tahap pembuatan kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) (1) Serta membawa surat pemanggilan untuk merekam pasphoto, Tanda Tangan, Sidik Jari, dan Iris. (2) Antara lain, warga Negara Indonesia (W...

Pembahasan Soal:

Urutan yang tepat dalam paragraf di atas adalah dimulai dari pernyataan umum yang berisi definisi, kemudian menyebutkan persyaratan untuk membuat E-KTP, dan terakhir menyebutkan langkah-langkah dalam membuat E-KTP. Oleh karena itu, urutan yang tepat adalah (5), (6), (2), (3), (4), dan (1) yang terdapat pada jawaban B. 

0

Roboguru

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah sebuah artikel dalam surat kabar yang merupakan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual atau sedang menjadi perbincangan hangat pada saat surat kabar itu diterbitkan. Isu atau masalah aktual itu dapat berupa masalah politik, sosial, maupun masalah ekonomi yang berkaitan dengan politik.

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah sebagai berikut.

3) Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama di lingkungan pendidikan.

5) Selain itu, pendidikan berkarakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, juga diharapkan mampu menjadi pondasi dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia.space 

1) Oleh sebab itu, sebagai pondasi, Kemdilaras sendiri memfokuskan pendidikan di seluruh jenjang pendidikan yang dibinanya.

4) Di setiap jenjang pendidikan itu, pembentukan karakter itu dimulai dari fitrah yang diberikan Tuhan, yang kemudian membentuk jati diri dan perilaku.

2) Dalam prosesnya sendiri fitrah yang alamiah ini sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sehingga lingkungan memilki peranan yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan perilaku.

Dengan demikian, urutan yang tepat untuk menyusun paragraf di atas adalah (3), (5), (1), (4), dan (2).space 

0

Roboguru

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Paragraf padu merupakan paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun secara logis dan serasi. Sehingga untuk menyusun kalimat menjadi paragraf padu, kalimat-kalimat penyusunnya haruslah memiliki urutan yang logis. Selain itu, antara kalimat satu dengan kalimat yang lain disambungkan dengan kata sambung atau konjungsi yang sesuai membentuk keserasian.

Untuk menyusun paragraf yang padu kita dapat menggunakan langkah sebagai berikut.

  1. Pilihlah tema atau topik yang akan dibahas dalam paragraf.
  2. Buatlah kalimat utama yang memuat ide pokok atau masalah yang akan dibahas dalam paragraf.
  3. Letakkan kalimat utama tersebut di awal, akhir, atau awal dan di akhir paragraf. Letak kalimat utama ini tergantung jenis paragraf apa yang hendak dibuat, bisa deduktif, induktif, atau deduktif-induktif.
  4. Buat beberapa kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat utama. Hubungkan antar kalimat dengan konjungsi atau kata hubung.
  5. Membaca keseluruhan paragraf yang telah disusun. Perbaiki apabila ada kalimat yang belum padu dengan kalimat lain.

Sesuai dengan penjelasan tersebut, maka kalimat padu dari kalimat acak di atas adalah 2, 1, 3, 4, dan 5. Kalimat dimulai dengan kalimat utama yaitu Banjir kembali melanda sebagian besar wilayah DKI, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

0

Roboguru

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag; (1) Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di temapt yang mendapat naungan (2) Setelah itu, polibag disiram air secukupnya (3) B...

Pembahasan Soal:

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses mengenai pemindahan bibit cabai. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (B) (3), (6), (5), (4), (2), dan (1). Paragraf dimulai dengan memindahkan bibit cabai beserta tanah menggunakan cetok. Kemudian dipisahkan satu persatu dan ditanam di polybag. Setelah itu, tanah pembungkus akar ditutup dan dipadatkan dengan tangan. Langkah berikutnya polybag disiram dengan air dan simpan di tempat yang terlindungi

0

Roboguru

(1) Diperlukan kekuatan-kekuatan sebagai pendorong baik dari luar maupun dari dalam lingkungan. (2) Potensi ini perlu dipupuk sejak dini (3) Setiap orang memiliki potensi kreatif walaupun dalam dera...

Pembahasan Soal:

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Paragraf tersebut merupakan paragraf eksposisi proses cerita (yakni paragraf yang menjelaskan terjadinya proses-proses terjadinya peristiwa dalam cerita). Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (C) (3), (2), (1), (5), dan (4). Paragraf dimulai dengan pemaparan peristiwa, yakni mengenai potensi yang ada pada diri setiap orang. Kemudian penulis menjelaskan bahwa setiap orang memiliki potensi berbeda. Tumbuhnya kreativitas tidak lepas dari pengaruh budaya masyarakatnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (C).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved