Roboguru

Pertanyaan

Kedatangan dan penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan oleh beberapa pihak, seperti bangsa Arab dan bangsa Gujarat dari India. Para penyebaran agama Islam dari berbagai bangsa tersebut telah menempu ribuan kilometer hingga tiba di Indonesia. Hambatan berupa alam, kondisi cuaca, dan keselamatan jiwa mengancam selama perjalanan mereka ke Indonesia. Apa yang mendorong mereka ke Indonesia? Renungkan dan tuliskan pendapat ananda semangat apa yang mendorong kedatangan dan penyebaran agama Islam di Indonesia tersebut? space space

  1. ... space space

  2. ... space space

N. Fauzia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Jawaban terverifikasi

Jawaban

alasan utama kedatangan bangsa Arab hingga Gujarat ke Indonesia karena dilatarbelakangi oleh kepentingan perdagangan yang selanjutnya berkembang menjadi kegiatan penyebaran syiar Islam di Indonesia.

Pembahasan

Jadi agama islam lahir dibawa oleh nabi Muhammad SAW, di arab Saudi. Agama islam mula-mula di sebarkan di Makkah lalu ke Madinah setelah nabi Muhammad wafat, agama islam di syiarkan oleh Kekhalifahan Rasyidin, di mulai dari Abu Bakar, Umar bin Khatab, Usman dan Ali. Pada masa kekahalifahan, islam disebarkan diseluruh jazirah arab hingga mesir di afrika. Setelah khalifah terakhir wafat, maka syiar islam memasuki masa bani umayyah, nah pada masa ini lah islam banyak mengalami kemajuan, salah satunya dalam bidang ekonomi, rakyatnya gencar di perintahkan melakukan perdagangan pada masa Bani Umayyah dan melakukan perluasan ke daerah timur seperti Afganistan, India, Asia Tenggara dan juga ke wilayah barat seperti Afrika Utara dan Eropa. Agama islam masuk ke Indonesia lewat kegiaan perdagangan, jadi nenek moyang bangsa indonesia itu sejak awal masehi sudah melakukan kegiatan perdgangan dengan bangsa2 lain seperti Gujarat, china dan juga bangsa Arab seperti Persia. Pada abad ke-7 M mulai adanya pedagang2 muslim yang juga singgah di nusantara.

Kedatangan sekaligus penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan oleh sejumlah pihak dengan didukung teori yang ada. Menurut teori Gujarat, Islam dibawa ke Nusantara oleh para pedagang dari Gujarat, India, pada abad ke-13 Masehi. Dalam teori Arab, Islam di Indonesia diperkirakan berasal dari Timur Tengah, tepatnya Arab dan sudah ada di Indonesia sejak abad ke-7 M. Sedangkan menurut teori Persia, Islam masuk ke Nusantara dari bangsa Persia (atau wilayah yang kemudian menjadi negara Iran) pada abad ke-13 M dengan dibuktikan kemiripan antara budaya Islam di Indonesia dengan di Persia. Kedatangan sejumlah penjelajah tersebut dilatarbelakangi oleh kepentingan perdagangan. Setelah para pedagang berinteraksi dengan masyarakat Indonesia akhirnya proses Islamisasi mulai berjalan dengan didukung berbagai saluran, seperti saluran perkawinan, saluran pendidikan, saluran kesenian, hingga tassawuf. Ketika kerajaan sriwijaya melemah pada bad ke-13 M, penguasa2 kecil di bawahnya berkembang menjadi kerajaan, salah satunya ialah kerajaan samudera pasai yang di pimpin Sultan Malik As-Shaleh dan agama islam berkembang menjadi kebudyaan mayoritas orang indonesia.

Dengan demikian, alasan utama kedatangan bangsa Arab hingga Gujarat ke Indonesia karena dilatarbelakangi oleh kepentingan perdagangan yang selanjutnya berkembang menjadi kegiatan penyebaran syiar Islam di Indonesia.

95

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Teori masuknya islam di indonesia

122

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia