Roboguru

Kebijakan politik Sihanouk pada masa pemerintahannya adalah....

Pertanyaan

Kebijakan politik Sihanouk pada masa pemerintahannya adalah....

  1. konservatif yang condong terhadap Amerika

  2. konservatif netral

  3. konservatif radikal

  4. liberal yang condong ke Uni Soviet

  5. liberal militeristik

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Norodom Sihanouk menjadi salahsatu pemimpin Kamboja yang berkuasa antara 1960 - 1970. Pada masa ini, di Vietnam tengah berlangsung Perang Vietnam yang terjadi pada 1955 - 1975.

Perang Vietnam merupakan perang yang dipengaruhi oleh adanya Perang Dingin. Sehingga Perang Vietnam, menjadi perang  ideologi, antara Vietnam Utara dengan ideologi komunis dan Vietnam Selatan dengan ideologi liberal. Melihat adanya dua kubu dan dua ideologi yang berbeda, Sihanouk dan Kamboja yang menjadi negara tetangga Vietnam lebih memilih untuk bersikap netral dan tidak ingin terlibat dalam perang tersebut. Walaupun pada akhirnya, Sihanouk kemudian berpihak kepada komunis Vietnam Utara dan Cina serta menentang Amerika Serikat.


Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut adalah gebrakan Pol Pot setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Lon Nol ….

Pembahasan Soal:

Dalam sejarahnya, pada tahun 1975 Khmer Merah yang saat itu ada di bawah pimpinan Pol Pot berhasil menggulingkan Lon Nol. Setelah berhasil melakukan kudeta, Pol Pot mengubah sistem pemerintahan Kamboja dari kerajaan menjadi republik, dengan nama resmi Republik Demokratik Kamboja atau Republic Democratic Kampuchea.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Khmer Merah adalah suatu faksi politik di Kamboja yang berhasil melakukan kudeta terhadap pemerintahan Lon Nol yang terafiliasi dengan ….

Pembahasan Soal:

Khmer Merah adalah suatu kelompok politik di Kamboja pimpinan Pol Pot yang berambisi untuk menyingkirkan pemerintahan Kamboja pimpinan Lon Nol yang berhaluan kanan, dekat dengan Amerika Serikat dan anti komunis.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Hasil pelaksanaan JIM I dan JIM II dilaporkan dalam KTT ASEAN di Brunei Darussalam pada 1989. Menteri Luar Negeri Indonesia yang bertugas menyampaikan hasil pelaksanaan JIM I dan JIM II adalah ....

Pembahasan Soal:

Jakarta Informal Meeting (JIM) adalah upaya perdamaian dalam konflik Kamboja yang diprakarsai oleh Indonesia dengan Ali Alatas yang menjabat sebagai menteri luar negeri. JIM I dilaksanakan di Bogor pada tanggal 25-28 Juli 1988 dan JIM II di Jakarta pada tanggal 19-21 Februari 1989. Hasil dari JIM adalah penarikan pasukan Vietnam dari Kamboja dan akan dibentuk pemerintahan yang mengikutsertakan keempat kelompok yang bertikai.

Dengan demikian menteri yang bertugas menyampaikan hasil pelaksanaan JIM I dan JIM II adalah menteri luar negeri Indonesia, yaitu Ali Alatas.

0

Roboguru

Pada Sabtu, 13 Juli 2019, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menghadiri acara peresmian Tugu Persahabatan RI-Kamboja yang terletak di provinsi Kamphong Thom, Kamboja. Pendirian tugu persahabatan ...

Pembahasan Soal:

Pada 13 Juli 2019, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menghadiri undangan pemerintah Kamboja untuk acara peresmian Tugu Persahabatan RI-Kamboja yang dibangun di provinsi Kamphong Thom, Kamboja. Pembangunan tugu persabahatan tersebut dilatarbelakangi oleh hubungan antara Indonesia-Kamboja yang terjalin dengan sangat baik. Hubungan antara Indonesia-Kamboja secara historis telah terjalin sejak masa pemerintahan Presiden Sukarno. Dimana pada masa pemerintahannya, Presiden Sukarno telah mengunjungi Kamboja, begitu pun Raja Norodom Sihanouk balik mengunjungi Indonesia. Kemudian, pada periode 1980-an, Indonesia juga berperan dalam upaya perdamaian dan rekonsiliasi di Kamboja. Dengan cara memfasilitasi pelaksanaan Jakarta Informal Meeting dan ikut serta dalam Paris Peace Agreement 1991. Kemudian, Indonesia juga ikut tergabung dalam pasukan perdamaian United Nation Transitional Authority in Cambodia (UNTAC).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Jakarta Informal Meeting diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden ….

Pembahasan Soal:

Jakarta Informal Meeting merupakan sebuah pertemuan yang diselenggarakan oleh Indonesia untuk mempertemukan perwakilan dari faksi-faksi yang berkonflik di Kamboja. Jakarta Informal Meeting diselenggarakan pada pada masa pemerintahan Presiden Suharto, tepatnya pada 1988 dan 1989. Saat itu, yang bertindak sebagai ketua penyelenggara adalah Menteri Luar Negeri Indonesia Ali Alatas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved