Roboguru

Kebiasan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati paling ramai dilakukan bertepatan dengan peringatan ...

Pertanyaan

Kebiasan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati paling ramai dilakukan bertepatan dengan peringatan ...

Pembahasan Soal:

Di Cirebon, kebiasaan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati paling ramai ketika tepat pada peringatan maulid nabi. Peringatan maulud nabi yang digelar di makam Sunan Gunung Jati, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon ini selalu dipadati oleh ribuan orang yang sengaja ingin menghabiskan waktu malam Maulid Nabi.

Dengan demikian, ziarah ke makam Sunan Gunung Jati paling ramai dilakukan ketika Peringatan Maulud Nabi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia di bidang kebudayaan!

Pembahasan Soal:

Masuknya kebudayaan Islam memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Indonesia. Perpaduan kebudayaan lokal dan Islam menghasilkan akulturasi dalam berbagai bidang kehidupan di Indonesia. Salah satu pengaruh kebudayaan Islam di bidang kebudayaan yaitu nampak pada akulturasi antara adat istiadat dengan budaya Islam.
Tradisi dan kebudayaan yang berkembang antara lokal dengan budaya Islam di antaranya berupa upacara selamatan kelahiran, perkawinan, kematian dan lain-lain. Dalam hal kesenian, banyak dijumpai seni musik seperti kasidah, rebana, marawis, barzanji dan sholawat. Disamping itu kebudayaan wayang juga mendapat sentuhan budaya Islam dengan dimasukkannya cerita-cerita yang bernuansa Islam.space

Dengan demikian, pengaruh kebudayaan Islam terhadap kebudayaan Indonesia nampak dalam pertunjukan wayang yang disisipkan nilai kandungan Islam.

Roboguru

Seni ukir pada masa perkembangan Islam sempat mengalami kemunduran karena ….

Pembahasan Soal:

Pada masa perkembangan Islam di Nusantara, muncul pendapat yang mengatakan bahwa seni ukir yang menggambarkan wujud manusia dan hewan secara nyata, tidak diperbolehkan. Sayangnya, informasi mengenai oleh siapa dan pada periode kapan pendapat tersebut muncul, sangat sulit ditemukan. Dengan munculnya pendapat tersebut, seni ukir di Nusantara pada masa Islam  sempat kurang berkembang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space 

Roboguru

Lembaga pendidikan yang berkembang pada masa Islam adalah ...

Pembahasan Soal:

Lembaga pendidikan Islam yang paling tua adalah pesantren. Murid-muridnya (santri) tinggal di dalam pondok atau asrama dalam jangka waktu tertentu menurut tingkatan kelasnya. Pengajarnya adalah para guru agama (kiai atau ulama). Para santri itu jika sudah tamat belajar, pulang ke daerah asal dan mempunyai kewajiban mengajarkan kembali ilmunya kepada masyarakat di sekitar.

Pesantren memiliki peran penting dalam persebaran Islam, dengan mendidik para ulama dan dai, serta menyebarkan islam di daerah-daerah pedesaan yang terpencil. Biaya pendidikan pesantren yang terjangkau memungkinkan anak-anak petani di desa untuk mendapatkan pendidikan.

Contoh dari pesantren yang terkenal misalnya adalah:

  1. Pesantren Ampel Denta, didirikan Sunan Ampel pada tahun 1440 M, di wilayah yang sekarang masuk kota Surabaya.
  2. Pesantren Gontor, berdiri pada tahun 1926 di Gontor, Ponorogo, Jawa Timur
  3. Pesantren Tebuireng, didirikan Kyai Hasyim Asyari di Jombang pada 1899 M, dan merupakan awal mula berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Dalam memperingati hari Ashura (10 Muharram) masyarakat Pariaman di Sumatra Barat mengadakan....

Pembahasan Soal:

Festival Tabuik merupakan sebuah perayaan tahunan masyarakat Sumatera Barat untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hussein Bin Ali, yang gugur di Perang Karbala pada tanggal 10 Muharam. Festival ini sangat populer di kalangan masyarakat Pariaman dan telah berlangsung sejak abad ke-19 Masehi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia di bidang Politik

Pembahasan Soal:

Perkembangan agama Islam di Indonesia memberikan pengaruh dalam bidang politik dan pemerintahan. Pengaruh ini dapat dilihat dalam sistem pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia seperti konsep khilafah atau kesultanan, hal ini nampak dalam penggantian gelar raja berganti menjadi sultan, pemimpinnya disebut khalifah, dalam sistem kesultanan nilai-nilai Islam menjadi dasar dalam pengendalian kekuasaan.spacePada masa Islam, raja menggunakan gelar sultan, sunan, susuhunan, panembahan dan maulana. Nama raja juga disesuaikan dengan nama-nama Islam (Arab). Islam menolak anggapan kedudukan manusia sama dengan Tuhan sehingga kultus raja sebagai dewa (konsep dewa-raja) pada masa Hindu-Buddha dihilangkan. Ajaran Islam menyebutkan manusia merupakan wakil Tuhan di dunia (khalifatullah). Dalam menjalankan roda pemerintahan, sultan didampingi oleh ulama.

Dengan demikian,  pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia di bidang Politik nampak dalam penggantian gelar raja berganti menjadi sultan, pemimpinnya disebut khalifah, dalam sistem kesultanan nilai-nilai Islam menjadi dasar dalam pengendalian kekuasaan.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved