Iklan

Iklan

Pertanyaan

Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi keberlanjutan Irak. Kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah karena ....

Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi keberlanjutan Irak.

Kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah karena ....

  1. kata pemerintah seharusnya Pemerintah

  2. kata syarat seharusnya sarat

  3. tidak menggunakan tanda koma sebelum kata bagi

  4. di belakang kata pemerintah tidak menggunakan tanda koma

     

  5. menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

alasan kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah sesuai pilihan jawaban (E) menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

alasan kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah sesuai pilihan jawaban (E) menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

Iklan

Pembahasan

Kata bahwa merupakan konjungsi yang berfungsi menyatakan isi atau uraian bagian kalimat yang di depan. Penulisan kata bahwa dalam sebuah kalimat tidak membutuhkan tanda koma (,) jika terletak di tengah kalimat. Contoh: Susi mengatakan bahwa hari ini ia akan pulang lebih awal. Namun, penggunaan tanda koma (,) diperlukan jika kata bahwa ada di awal kalimat. Dengan demikian, alasan kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah sesuai pilihan jawaban (E) menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

Kata bahwa merupakan konjungsi yang berfungsi menyatakan isi atau uraian bagian kalimat yang di depan. Penulisan kata bahwa dalam sebuah kalimat tidak membutuhkan tanda koma (,) jika terletak di tengah kalimat. Contoh: Susi mengatakan bahwa hari ini ia akan pulang lebih awal. Namun, penggunaan tanda koma (,) diperlukan jika kata bahwa ada di awal kalimat. Dengan demikian, alasan kalimat tersebut menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang salah sesuai pilihan jawaban (E) menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

589

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia