Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Persebaran penduduk di seluruh pelosok tanah air tidak merata. (2) Ada daerah padat penduduk, terutama di kota-kota besar. (3) Di samping itu, ada daerah yang penduduknya jarang yaitu daerah pedalaman yang berlokasi di pegunungan dan di pulau-pulau kecil. Ejaan pada paragraf di atas menjadi benar sesuai EYD jika diperbaiki dengan cara ....

(1) Persebaran penduduk di seluruh pelosok tanah air tidak merata. (2) Ada daerah padat penduduk, terutama di kota-kota besar. (3) Di samping itu, ada daerah yang penduduknya jarang yaitu daerah pedalaman yang berlokasi di pegunungan dan di pulau-pulau kecil.

 

Ejaan pada paragraf di atas menjadi benar sesuai EYD jika diperbaiki dengan cara ....

  1. menulis kata tanah air dengan awal kata huruf kapital (kalimat 1).

  2. menghilangkan tanda koma setelah kata penduduk (kalimat 2).

  3. Mengubah kata kota-kota menjadi kota (kalimat 2).

  4. menulis tanda koma (,) sebelum kata yaitu (kalimat 3).

  5. menhilangkan tanda koma (,) setelah kata itu.

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konjungsi yaitu merupakan konjungsi subordinatif hubungan perincian yang harus didahului tanda baca koma sehingga penulisan kata yaitu pada kalimat 3 harus didahului koma. Jawaban A kurang tepat karena kata majemuk tanah air bukan berupa nama diri sehingga tidak perlu diawali dengan huruf kapital Jawaban B kurang tepat karena frasa terutama di kota-kota besar merupakan keterangan aposisi yang penulisannya dalam kalimat harus diapit oleh tanda baca koma. Jawaban C kurang tepat karena bentukan kota-kota memiliki makna jamak, sedangkan kota bermakna tunggal sehingga jika diganti akan menyebabkan perubahan makna pada kalimat. Jawaban E kurang tepat karena frasa di samping itu merupakan konjungsi antarkalimat yang penulisannya harus diikuti tanda baca koma. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Konjungsi yaitu merupakan konjungsi subordinatif hubungan perincian yang harus didahului tanda baca koma sehingga penulisan kata yaitu pada kalimat 3 harus didahului koma.

Jawaban A kurang tepat karena kata majemuk tanah air bukan berupa nama diri sehingga tidak perlu diawali dengan huruf kapital

Jawaban B kurang tepat karena frasa terutama di kota-kota besar merupakan keterangan aposisi yang penulisannya dalam kalimat harus diapit oleh tanda baca koma.

Jawaban C kurang tepat karena bentukan kota-kota memiliki makna jamak, sedangkan kota bermakna tunggal sehingga jika diganti akan menyebabkan perubahan makna pada kalimat.

Jawaban E kurang tepat karena frasa di samping itu merupakan konjungsi antarkalimat yang penulisannya harus diikuti tanda baca koma.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

121

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Guru kelas VI SD Permai adalah Ibu Reni Cahyati, spdsd. Penulisan gelar yang benar sesuai dengan kaidah untuk kalimat tersebut ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia