Roboguru

Ke dalam ruangan bermedan magnet homogen B bergerak masuk sebuah partikel bermuatan listrik, ternyata di dalam ruangan tersebut gerak partikel membentuk lintasan seperti tampak pada gambar. Dapat dipastikan bahwa jenis partikel tersebut dan arah medan magnet B di dalam ruangan berturut-turut adalah...

Pertanyaan

Ke dalam ruangan bermedan magnet homogen B bergerak masuk sebuah partikel bermuatan listrik, ternyata di dalam ruangan tersebut gerak partikel membentuk lintasan seperti tampak pada gambar.

Dapat dipastikan bahwa jenis partikel tersebut dan arah medan magnet B di dalam ruangan berturut-turut adalah...

  1. positron, dan arah B masuk bidang

  2. elektron, dan arah B masuk bidang

  3. positron, dan arah B keluar bidang

  4. positron, dan arah B sejajar bidang

  5. elektron, dan arah B sejajar bidang

Pembahasan Soal:

Penentuan jenis muatan dan arah medan magnet dapat ditentukan dengan menggunakan kaidah tangan kanan. Arah muatan menentukan arah arus dari masing-masing sistem. Untuk positron, arah gerakan partikel akan searah dengan arah arus, sedangan elektron arah gerakan partikel berlawanan dengan arah arus.

Apabila muatan pada gambar adalah positron, maka arah arus akan berlawanan arah jarum jam (searah dengan lintasan partikel). Berdasarkan kaidah tangan kanan, apabila arus berlawanan arah dengan jarum jam maka arah medan magnet akan keluar bidang.

Apabila muatan pada gambar adalah elektron, maka arah arus akan searah jarum jam (berlawaanan dengan lintasan partikel). Berdasarkan kaidah tangan kanan, apabila arus searah dengan arah jarum jam maka arah medan magnet akan masuk bidang.

Jadi jawaban yang benar adalah jawaban B dan C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved