Roboguru

Kawasan pesisir dapat diklasifikasikan sebagai wilayah formal. Karakteristik yang mendasari klasifikasi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Kawasan pesisir dapat diklasifikasikan sebagai wilayah formal. Karakteristik yang mendasari klasifikasi tersebut adalah ....space  

  1. sebagian besar penduduk pesisir memiliki mata pencarian sebagai nelayanspace 

  2. terdapat tempat pelelangan ikan untuk jual beli hasil tangkapan nelayanspace 

  3. kawasan pesisir dikelola warga sekitar menjadi kawasan objek wisataspace 

  4. keberadaan hutan mangrove untuk mengurangi abrasispace 

  5. penelitian terkait biota laut dilakukan di kawasan pesisirspace 

Pembahasan Soal:

Wilayah formal merupakan sebuah konsep pewilayahan yang dapat dibatasi melalui kenampakan fisik seperti bentuk lahan, iklim, tanah, dan vegetasi dan kenampakan sosial seperti pola mata pencaharian.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Dirgantara

Terakhir diupdate 02 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggunaan lahan merupakan salah satu parameter untuk membedakan beberapa wilayah formal. penggunaan lahan seperti aktivitas industri dan perkebunan tidak cepat berubah. Berdasarkan parameter tersebut...

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri wilayah formal adalah bersifat statis, artinya membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah sifat utama dari wilayahnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

1

Roboguru

Wilayah formal cenderung statis. Pernyataan tersebut dibuktikan adanya ....

Pembahasan Soal:

Wilayah formal merupakan wilayah yang dicirikan berdasaran homogenitas geografis tertentu, baik sosial maupun budaya. Karakteristik geografis tersebut cenderung sulit mengalami perubahan, atau perubahan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama. Dengan demikian, wilayah formal pun menjadi lebih statis, misalnya pada letak astronomis Indonesia yang tidak mengalami perubahan. Letak astronomis Indonesia hanya akan berubah jika wilayah Indonesia bergeser dari posisi semulanya di muka bumi, dan pergeseran tersebut terjadi melalui pergerakan lempeng yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

1

Roboguru

Mengapa vegetasi merupakan faktor yang dapat digunakan penentuan perwilayahan formal? Jelaskan alasan anda !

Pembahasan Soal:

Wilayah formal adalah suatu wilayah yang dicirikan berdasarkan keseragaman atau homogenitas tertentu. Oleh karena itu, wilayah formal sering pula disebut wilayah seragam (uniform region). Homogenitas dari wilayah formal dapat ditinjau berdasarkan kriteria fisik atau alam ataupun kriteria sosial budaya. Salah satu kriteria fisik yang ada adalah faktor vegetasi. Faktor vegetasi menjadi penentu dari tipe iklim dan tanah/lahan yang ada di wilayah tersebut, dan pasti memiliki banyak perbedaan dengan wilayah lain.

0

Roboguru

Provinsi Aceh diklasifikasi sebagai wilayah formal. Kriteria yang melandasi klasifikasi wilayah tersebut, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Wilayah formal dicirikan berdasarkan keseragaman atau homogenitas tertentu. Misalnya berdasarkan kriteria fisik atau alam maupun kriteria sosial budaya.

  • Wilayah formal berdasarkan kriteria fisik didasarkan pada kesamaan topografi, jenis batuan, iklim, dan vegetasi. Misalnya wilayah pegunungan kapur (karst), wilayah beriklim dingin, dan wilayah vegetasi mangrove.
  • Wilayah formal berdasarkan kriteria sosial budaya misalnya wilayah suku Banjar, wilayah industri tekstil, dan wilayah pertanian sawah basah.

Berdasarkan hal tersebut, kriteria yang melandasi klasifikasi wilayah adalah keutuhan sebagai wilayah budaya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan wilayah formal dan fungsional berdasarkan ciri-cirinya!

Pembahasan Soal:

Menurut Glassos (1974), Budiharsono (1996), dan Huiesman (1986) mengungkapkan bahwa wilayah dapat dibedakan menjadi wilayah formal (seragam) dan wilayah fungsional (nodal) yang secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut :
 
  1. Wilayah formal, adalah suatu wilayah di muka bumi yang dicirikan berdasarkan keseragaman (homogenitas) tertentu. Wialayah formal pada umunya didasarkan pada kesamaan, topografi, jenis batuan, iklim, sosial, dan vegetasi yang terdapat di muka bumi misalnya kondisi geografis Jawa Barat bagian selatan yang merupakan topografi pegunungan yang berada di daerah subduksi lempeng
  2. Wilayah fungsional, adalah suatu wilayah yang dicirikan dengan adanya kegiatan yang saling berhubungan diantara beberapa pusat kegiatan secara fungsional. Wilayah fungsional ditandai dengan interaksi keruangan. Interaksi keruangan adalah wujud saling keterkaitan atau hubungan antara satu fenomena dan fenomena lainnya dalam satu ruang sehingga terjalin suatu konektivitas. Contoh wilyah fungsional adalah kota-kota yang dibangun oleh beberpa apusat kegiatan yang dihubungkan oleh jaringan jalan dan komunikasi.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved