Roboguru
SD

Kata yang ejaan penulisannya tidak baku adalah ....

Pertanyaan

Bacalah dengan saksama kutipan penggalan teks editorial di bawah ini.


    Kita tak ingin generasi muda meninggal sia-sia karena meminum cairan berbahaya. Perlu ada langkah konkret pada tingkat lokal, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten untuk mendidik warganya dan menginformasikan betapa berbahayanya menenggak cairan berbahaya. Pendidikan pada tingkat keluarga juga diperlukan.

    Adalah kenyataan bahwa cairan berbahaya untuk dicampur dan minuman keras beredar luas. Aparat sepertinya kesulitan mengontrol peredaran minuman keras oplosan karena bisa diproduksi sendiri dari beragam campuran minuman yang dijual bebas di pasaran atau membeli minuman racikan di warung jamu. Minuman racikan tersebut sama sekali tidak mempertimbangkan efek buruknya pada tubuh manusia.

    Kita memang perlu mengkaji lebih mendalam, mengapa masyarakat terus menggelar pesta minuman keras meski sudah tahu risikonya adalah kematian. Namun, dalam jangka pendek, kita mau mendorong aparat kepolisian untuk melakukan razia terhadap para pedagang minuman keras oplosan yang terbukti membahayakan tubuh manusia.

    Mengingat sebagian besar korban minuman keras ini berasal dari kelas menengah ke bawah, apakah kenekatan itu terkait dengan rasa putus asa mereka dalam menghadapi masa depan ataukah sekedar cara mereka menikmati kesenangan tanpa mempertimbangkan risiko? Di sinilah faktor pendidikan untuk penyadaran menjadi penting.

(Sumber: Kompas, 6 Desember 2014) 

Kata yang ejaan penulisannya tidak baku adalah ....space 

  1. risiko seharusnya resikospace 

  2. sekedar seharusnya sekadarspace 

  3. konkret seharusnya kongkretspace 

  4. razia seharusnya rasiaspace 

  5. mengkaji seharusnya mengajispace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Untuk mengecek kata baku dan tidak baku, kita bisa melihatnya di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pada KBBI, kata sekedar seharusnya ditulis sekadar. Sehingga, kata sekedar pada kalimat "Mengingat sebagian besar korban minuman keras ini berasal dari kelas menengah ke bawah, apakah kenekatan itu terkait dengan rasa putus asa mereka dalam menghadapi masa depan ataukah sekedar cara mereka menikmati kesenangan tanpa mempertimbangkan risiko?" adalah kata tidak baku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

207

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragraf berikut!     Bank Indonesia (BI) [. . .] prospek perekonomian Indonesia tumbuh lebih baik pada tahun-tahun mendatang. [. . .] itu berangkat dari kondisi tahun lalu yakni perekono...

531

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia