Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Sistem  pembelajaran  jarak jauh  (PJJ)  masih menjadi beban bagi para tenaga didik dan orang tua siswa. Oleh karena itu,  diperlukan penilaian secara [ .... ] oleh pemangku kepentingan, seperti Pemerintah pusat dan daerah, Dinas Pendidikan, pihak sekolah, komite sekolah, tokoh masyarakat dan tentunya para orang tua sebagai wali murid. Meskipun nanti pembelajaran tatap muka (PTM) sudah diberlakukan, hasil  [ .... ]  harus terus dikembangkan. Hasil ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Selanjutnya, meski [ ... ] sudah berakhir dan  PTM  penuh sudah berlaku, PJJ  harus tetap  diterapkan  sebagai  penunjang peningkatan kualitas atau mengejar yang sudah tertinggal.

Sumber:  http://web.archive.org/web/20210409070941/https:/www.harian-sib.com/detail/Tajuk-Rencana/Belajar-Tak-Boleh-Kendur/, diakses 9 April 2021space  

Kata atau istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...

Kata atau istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...space 

  1. koheren, evaluatif, pandemispace 

  2. komprehen, evaluasi, pandemikspace 

  3. komprehensiv, evaluasi, pandemispace 

  4. komprehensif, evaluasi, pandemispace 

  5. komperehensif, evaluatif, pandemisspace 

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan D.

jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

Iklan

Pembahasan

Teks editorial mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik yang dibahas. Teks editorial memilik ciri khas kebahasaan, salah satunya penggunaan kata populer. Penggunaan kata-kata populer bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami isi teks editorial. Kata populer yang tepat untuk melengkapi kalimat "Oleh karena itu, diperlukan penilaian secara [ .... ] oleh pemangku kepentingan, seperti Pemerintah pusat dan daerah, Dinas Pendidikan, pihak sekolah, komite sekolah, tokoh masyarakat dan tentunya para orang tua sebagai wali murid." ialah kata " komprehensif" yang memiliki makna luas dan lengkap . Adapun untuk melengkapi kalimat " Meskipun nanti pembelajaran tatap muka (PTM) sudah diberlakukan, hasil [ .... ] harus terus dikembangkan." kata yang tepat ialah " evaluasi " yang memiliki makna penilaian. Kalimat " Selanjutnya, meski [ ... ] sudah berakhir dan PTM penuh sudah berlaku, PJJ harus tetap diterapkan sebagai penunjang peningkatan kualitas atau mengejar yang sudah tertinggal. " dilengkapi dengan kata " pandemi " yang memiliki arti wabah yang berjangkit serempak di mana-mana. Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.

Teks editorial mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik yang dibahas. Teks editorial memilik ciri khas kebahasaan, salah satunya penggunaan kata populer. Penggunaan kata-kata populer bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami isi teks editorial. Kata populer yang tepat untuk melengkapi kalimat "Oleh karena itu, diperlukan penilaian secara [ .... ] oleh pemangku kepentingan, seperti Pemerintah pusat dan daerah, Dinas Pendidikan, pihak sekolah, komite sekolah, tokoh masyarakat dan tentunya para orang tua sebagai wali murid." ialah kata "komprehensif" yang memiliki makna luas dan lengkap. Adapun untuk melengkapi kalimat "Meskipun nanti pembelajaran tatap muka (PTM) sudah diberlakukan, hasil  [ .... ]  harus terus dikembangkan." kata yang tepat ialah "evaluasi" yang memiliki makna penilaian. Kalimat "Selanjutnya, meski [ ... ] sudah berakhir dan  PTM  penuh sudah berlaku, PJJ  harus tetap  diterapkan  sebagai  penunjang peningkatan kualitas atau mengejar yang sudah tertinggal." dilengkapi dengan kata "pandemi" yang memiliki arti wabah yang berjangkit serempak di mana-mana.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kalimat berikut! Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan data angka kemiskinan di Indonesia pada September 2017 sebanyak 26,58 juta orang atau 10,12% dari total penduduk lndonesia. K...

101

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia