Roboguru

Kata responden pada kalimat tersebut dapat diganti dengan kata ....

Pertanyaan

Kata responden pada kalimat tersebut dapat diganti dengan kata ....

  1. penanyaspace space space 

  2. penjawabspace space space 

  3. penelitispace space space 

  4. pengamatspace space space 

  5. ilmuwanspace space space 

Pembahasan Soal:

Salah satu kaidah kebahasaan teks editorial adalah penggunaan kata populer. Kata-kata populer digunakan untuk memudahkan pembaca memahami isi teks editorial sehingga pembaca masih merasa santai meskipun membahas masalah yang serius dan berisi tanggapan kritis.

Kata responden pada bagian 58 persen responden dan 37 persen responden termasuk ke dalam kata populer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  responden bermakna penjawab (atas pertanyaan yang diajukan untuk kepentingan penelitian).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Predikat yang dibentuk oleh adverbia frekuentatif + verba terdapat pada kalimat ...

Pembahasan Soal:

Baik adverbia maupun verba termasuk ke dalam kebahasaan teks editorial.

  1. Adverbia merupakan kata keterangan yang mengikuti kata kerja, kata benda, atau kata sifat. Dalam pembahasan teks editorial, adverbia yang digunakan untuk menyatakan intensitas atau frekuensi suatu tindakan atau keadaan. Contohnya, selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang.
  2. Verba dan ketiga jenisnya yaitu, verba material, verba mental, verba relasional


Meskipun tidak termasuk verba yang sering digunakan, kata terus berdasarkan KBBI memiliki makna kegiatan yang terus berulang, tidak berhenti. Jadi, adverbia frekuentatif + verba dalam teks tersebut terdapat pada kata terus berusaha pada kalimat Sejumlah negara terus berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan masalah secara damai ....

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space space 

0

Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut dengan cermat!       (1) Nasionalisme perlu dipupuk di tingkat akar rumput, utamanya bagi kalangan elite yang masih bermental diskriminatif. (2) Segala perbedaan, baik r...

Pembahasan Soal:

Kalimat retoris adalah kalimat pertanyaan yang tidak ditujukan untuk mendapatkan jawaban. Kalimat retoris dalam kutipan teks di atas ditunjukkan pada kalimat (4), yaitu Kita tentu tidak akan pernah bisa menjadikan bangsa ini seragam, kan? Kalimat tersebut dimaksudkan agar pembaca merenungkan masalah yang dipertanyakan sehingga tergugah untuk berbuat sesuatu atau mengubah pandangannya terhadap isu yang dibahas. Kalimat tersebut tidak ditunjukkan untuk mendapatkan jawaban dari pembaca.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Makna kata infrastruktur berdasarkan kutipan teks di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Makna kata dalam Bahasa Indonesia adalah hubungan antara ujaran dengan arti dari sebuah kata. Makna kata juga dapat diartikan sebagai maksud yang terkandung dari sebuah kata.

Makna kata infrastruktur berdasarkan kutipan teks di atas adalah prasarana. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), infrastruktur adalah padanan dari kata prasarana. Arti infrastruktur berkaitan dengan struktur fasilitas dasar untuk kepentingan umum. Beberapa contoh infrastruktur dalam bentuk fisik antara lain jalan, jalan tol, stadion, jembatan, konstruksi bangunan, jaringan listrik, bendungan, dan sebagainya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan paragraf rumpang berikut!   Ada lebih dari 900 ribu orang terkena penyakit pernapasan. Ada 12 bandara nasional berhenti beroperasi setelah ratusan sekolah di Indonesia, Malaysia dan Singap...

Pembahasan Soal:

Kata atau istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah signifikan dan kontribusi, sehingga kalimat rumpang tersebut menjadi "Karhutla telah menimbulkan gangguan cukup signifikan terhadap perekonomian. Bank Dunia memperkirakan kebakaran hutan mempunyai kontribusi sebesar 0,09 dan 0,05 point presentasi terhadap penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 dan 2020."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. undefined 

0

Roboguru

Kalimat tanya yang tepat untuk teks di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan dengan maksud mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan, atau pernyataan. 

Kalimat tanya yang tepat untuk teks di atas adalah Bagaimana cara mengurangi perpindahan panas ke dalam ruangan?undefined Hal tersebut dapat terjawab dengan kalimat "Kita dapat menggunakan pelapis yang berfungsi sebagai insulasi panas (proses yang digunakan untuk mengurangi laju perpindahan kalor) yang berasal dari konveksi, konduksi, dan radiasi.". undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved